BERITA SEPUTAR PEMALANG

Thursday, November 26, 2020

Stok Darah Menipis. PMI Pemalang Ajak Masyarakat Donor Darah

kegiatan donor yang dilaksanakan di Pendopo Kabupaten Pemalang - Pemalangkab.go.id


SeputarPemalang.ComPersediaan darah di PMI Kabupaten Pemalang saat ini menipis dikarenakan tempat- tempat donor yang biasa dikunjungi tidak banyak yang bisa melakukan kegiatan donor darah karna pandemi. Untuk itu, bagi masyarakat Kabupaten Pemalang yang sudah waktunya donor diharapkan bisa datang langsung ke PMI untuk melakukan donor darah.

Demikian disampaikan Didik Husada selaku Humas PMI Kabupaten Pemalang saat melakukan kegiatan sosial donor darah dalam rangka peringatan HUT Korpri ke-49 di Pendopo Kabupaten Pemalang, hari Rabu, (25/11/2020).

Masih menurut Didik , titik donor yang biasanya target harus dihentikan dulu, karena kondisinya memang sedang tidak memungkinkan untuk dilaksanakanya mobil unit. Menurutnya, stok darah di PMI saat ini menurun dratis hampir empat puluh persen. Sementara permintaan tetap,  bahkan cenderung naik.

Sebelum pandemi perolehan darah di PMI antara 1.300 (seribu tiga ratus) sampai dengan 1.500 (seribu lima ratus) kantung per bulan. Tetapi pada masa pandemi seperti ini mengalami penurunan drastis. Terkadang, satu bulan hanya  memperoleh antara 700 sampai dengan 800 kantong.

“Karena jumlah rumah sakit baru di Pemalang bertambah, permintaan ke kita semua. Jadi untuk njagain itu kita jujur kewalahan”, papar Didik sebagaimana di beritakan situs Pemda Pemalang 25/11/2020.

Guna mengantisipasi terjadinya penurunan stok darah, maka pihak PMI terus berupaya dan aktif melakukan komunikasi dengan cara menyurati kepada desa- desa, kecamatan -kecamatan maupun instansi yang memang sudah waktunya donor.

Sementara cara lain yang ditempuh PMI Kabupaten Pemalang adalah menjalin kerja sama dengan Ormas- ormas maupun komunitas yang banyak pendonornya serta memanfaatkan peluang momentum hari -hari besar nasional, seperti hari guru, hari pahlawan hari korpri dan sebagainya. Karena dalam momentum itu setidaknya ada acara sosial. 

Terkait pendonor suka rela, Didik memaparkan kurang lebih ada sekitar 5 ribuan pendonor suka rela. Tetapi itu juga belum bisa memenuhi kebutuhan karena donor dilakukan tiga bulan sekali. Itupun, bagi yang sudah biasa donor belum tentu bisa donor lagi karena kondisi kesehatan setiap orang beda – beda.

“Meski sudah rutin donor bisa jadi pada waktunya donor, HBnya rendah, tensinya tinggi, atau sedang konsumsi obat, dari luar kota, berat badan kurang”, lanjut Didik. 

Manfaat donor untuk diri pendonor adalah ketika mau donor sudah bisa mengetahui kondisi kesehatan tubuhnya seperti apa. Karena sebelum donor, terlebih dahulu akan dicek  kesehatanya, seperti HB dan tensinya. Sementara manfaat untuk orang lain, yakni pendonor bisa membantu menyelamatkan nyawa mereka yang membutuhkan. 

Kegiatan donor darah dalam rangka HUT Korpri yang diselenggarakan di Pendopo Kabupaten Pemalang, diikuti  sebanyak 65 orang peserta. Sedangkan yang gagal ada 9 orang. Gagal karena adanya beberapa faktor, tensi tinggi, HB rendah, kemudian saat mengisi form screening ada yang dari luar kota yang estimasinya harus dua minggu sudah di Pemalang.

Menurut Didik layanan Donor darah di masa new normal, pelaksanaanya lebih ketat, karena pihaknya berusaha menerapkan standar protokol kesehatan dengan mengurangi kerumunan.[AYG]

0 Post a Comment