BERITA SEPUTAR PEMALANG

Monday, November 9, 2020

Peduli Lingkungan: Mahasiswa KKN Reguler DR 75 UIN Walisongo Semarang Melakukan Aksi Bersih Pantai

(Aksi bersih pantai bersama pengunjung wisata Pantai Widuri)
SeputarPemalang.Com - Mahasiswa KKN Reguler DR 75 UIN Walisongo Semarang Kelompok 104 bersama dengan Dosen Pembimbing Lapangan, ikut andil dalam gerakan peduli lingkungan, yakni dengan melakukan aksi bersih pantai dikawasan wisata Pantai Widuri Pemalang. 

Aksi bersih-bersih pantai ini dilaksanakan oleh mahasiswa kelompok 104 KKN Reguler DR 75 UIN Walisongo Semarang bersama dengan Dosen Pembimbing Lapangan dan tak lupa juga menggandeng beberapa pengunjung yang berada di sekitar pantai tersebut.  Kegiatan ini dilaksanakan di sekitar pantai Widuri Pemalang pada Minggu (8/11/2020) dan aksi ini dimulai pukul 15.00 WIB.

“Kegiatan ini dimaksudkan untuk menyadarkan para pengunjung wisata tentang betapa pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, terutama di area pantai dari sampah plastik maupun mikroplastik. Karena hal tersebut merupakan sebuah tantangan bagi masyarakat sekitar dalam menjaga ekosistem yang ada.” ujar Hamit selaku koordinator kelompok 104.

Tari salah satu anggota kelompok 104 yang mengikuti aksi bersih sampah di pantai, mengaku senang bisa ikut andil dalam kegiatan bersih pantai. Namun realitanya ada beberapa kendala yang ditemui pada saat melakukan kegitan tersebut salah satunya yaitu kurangnya respon dari masyarakat terutama para pengunjung wisata Pantai Widuri.

Kami berharap kegiatan bersih pantai ini dapat mengurangi sampah plastik yang ada di  pantai dan laut, serta menciptakan dampak yang lebih luas bagi masyarakat dan generasi muda untuk lebih terlibat dalam upaya menjaga dan melestarikan lingkungan hidup. Dimulai dari lingkup lingkungan sekitar, dan mungkin nanti kedepannya dapat memberikan dampak bagi lingkungan luas atau bahkan ke lingkungan global.


Penulis : Early Maya Ramadhanty 

0 Post a Comment