BERITA SEPUTAR PEMALANG

Monday, November 9, 2020

Peduli Balita di Masa Pandemi, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Bantu Kegiatan Posyandu

Kegiatan di Posyandu Puji Lestari, Beji, Taman, Pemalang

SeputarPemalang.Com - Kamis (05/11) Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang membantu kegiatan Pos Pelayanan Keluarga Berencana Kesehatan Terpadu (POSYANDU) Puji Lestari II yang terletak di Kelurahan Beji, Desa Taman, Pemalang. Program kegiatan Posyandu ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui perkembangan balita saat pandemi Covid-19 ini, apakah mengalami peningkatan atau sebaliknya.

Posyandu Puji Lestari ini dibuka kembali pada bulan September, yang mana bulan-bulan sebelumnya sempat ditiadakan karena munculnya virus Corona.“ Karena dilakukan dimasa pandemi maka kegiatan posyandu ini dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah. Dan untuk warga yang tidak memakai masker, kita telah menyediakan masker gratis yang siap untuk dibagikan.” Ujar Amalina, Mahasiswa KKN UIN Walisongo.

Kegiatan posyandu ini meliputi pengukuran tinggi badan, berat badan, serta pemberian imunisasi untuk anak dan balita. Tercatat 53 balita dan 10 anak-anak yang melakukan pengecekan kesehatan di Posyandu tersebut. “ Alhamdulillah saat pandemi ini perkembangan balita mengalami kenaikan yang cukup banyak. Mungkin karena faktor orangtua juga yang selalu dirumah, sehingga anak-anak dan balita lebih banyak terkontrol.” Tutur Ibu Uripah, selaku Kader Posyandu Puji Lestari.

Dimasa pandemi ini juga meningkatkan rasa khawatir orangtua terhadap anaknya. Karena hal ini lah posyandu diharapkan sebagai solusi yang tepat untuk memeriksakan serta mengetahui perkembangan anak dimasa Pandemi Covid-19 ini.

Menurut Ibu Nur Laili, “ saya senang posyandu dibuka kembali, apalagi di masa pandemi seperti ini. Jadi bisa ngurangin kekhawatiran saya. Ditambah lagi saya bisa tau perkembangan anak saya seperti apa, mengalami peningkatan atau malah sebaliknya.”  Ujarnya, selaku salah satu ibu yang memeriksakan anaknya di Posyandu.

Penulis : Amalina Ulin Ni'mah

0 Post a Comment