BERITA SEPUTAR PEMALANG

Wednesday, November 18, 2020

Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang Dampingi Anak-Anak Belajar Di Rumah Selama Masa Covid-19

(Proses kegiatan pendampingan belajar dirumah)


SeputarPemalang.Com - Kasus pandemic Covid-19 menjadi permasalahan kemanusiaan yang berdampak hamper pada seluruh aspek kehidupan di Indonesia. Hal tersebut memerlukan upaya Kerjasama antar masyarakat untuk memutuskan rantai penularan Covid-19. Banyak warga yang merantau ke luar daerah untuk kuliah, bekerja dan sebagainya. Tidak dipungkiri bahwa menunda pulang ke kampung halaman menjadi salah satu solusi yang tepat untuk memutuskan rantai penularan Covid-19.

UIN Walisongo Semarang menyelenggarakan KKN dari rumah masing-masing sebagai bentuk mengurangi rantai penularan Covid-19. Program KKN merupakan bentuk kegiatan pengabdian dalam rangka pengalam tri darma perguruan tinggi.

Rizki Nurul Latifah sebagai salah satu mahasiswa KKN dari Kelompok 104 melaksanakan program pendampingan belajar dari rumah bagi anak-anak di RT 05 RW 05 Kelurahan Kebondalem, Kecamatan Pemalang. Upaya tersebut tidak terlepas dari dukungan orang tua siswa yang juga mengisi kegiatan belajar di rumah selama Covid-19.

”KKN DR UIN Walisongo Semarang berlangsung selama 45 hari, dimulai dari tanggal 6 Oktober sampai dengan 19 November”. Program kerja dimulai dari koordinasi dengan ketua RT setempat” ujar Nurul selaku pelaksana program KKN DR UIN Walisongo Semarang.

Bentuk kegiatan pendampingan belajar anak-anak yaitu dengan memberikan bantuan kepada anak-anak yang mengalami kesulitasn belajar sealama pembelajaran daring atau online. seperti yang diketahui bahwa sistem pembelajaran melalui daring atau online seorang guru hanya memberikan materi memalui HP, sehingga siswa hanya mengetahui materi belajar melalui buku pegangan yang dimiliki tanpa adanya pendampingan secara langsung.

Mungkin bagi siswa yang sudah SMA hal ini tidaklah sulit namun bagi siswa SD menjadi suatu kesulitan tersebdiri. Kegiatan belajar ini dilaksanakan secara offline dengan siswa berkumpul dirumah secara langsung maupun secara online melalui grup di WhatsApp.


Penulis : Rizki Nurul Latifah

0 Post a Comment