Latest News
Saturday, August 6, 2016

Kampanye Jamban Masuki Pemalang


SeputarPemalang.Com - Kampanye pembangunan sarana buang air besar atau jamban yang dikenal dengan Walk for Toilet memasuki Kabupaten Pemalang, Jumat (5/8). 

Kampanye yang dilakukan oleh Yayasan Wahana Bakti Sejahtera (YWBS) itu diterima Wakil Bupati Martono dan pejabat lainnya di Sasana Bakti Praja. Setelah berdialog sebentar kemudian rombongan YWBS yang dipimpin ketuanya, Budi Laksono, meneruskan perjalanan lagi ke Jakarta. 

Dikatakan Budi Laksono, pihaknya melakukan kampanye tersebut dengan jalan kaki dari Semarang ke Jakarta bagi keluarga Indonesia.

Kegiatan itu dilatarbelakangi masih banyaknya keluarga Indonesia yang belum mempunyai jamban. 

” Masih ada 24 juta keluarga Indonesia yang belum punya jamban. Hal itu menyebabkan buruknya sanitasi lingkungan,” katanya didampingi aktivis lainnya Ikhmaludin Azis dari Pemalang dan anggota lainnya. Jalan kaki mengampanyekan pentingnya jamban itu dimulai dari Semarang pada Senin (1/8) dan sampai Jakarta Selasa (16/8).

Dukung Aksi

Sepanjang perjalanan mereka menyerukan kampanye pentingnya jamban, meminta MUI untuk menyerukan haram buang air besar sembarangan, dan memberikan penghargaan kepada pihak-pihak yang mendukung aksi tersebut.

Ditambahkan Ikmaludin, kegiatan tersebut didukung Mabes TNI AD agar program Indonesia bebas dari kebelumtersediaan jamban pada 2019 akan tercapai. Diharapkan tiga tahun ke depan sudah tidak ada lagi keluarga di Indonesia yang tidak memiliki jamban, walaupun dalam batas minimalis. Realisasi dari pembangunan jamban itu menurut rencana akan dilaksanakan di 10.000 desa dulu di Indonesia.

Adapun untuk anggarannya akan diambilkan dari beberapa kementerian seperti kesehatan, desa tertinggal, dan dalam negeri. Masyarakat juga diminta mau bergotong royong membantu keluarga lainnya yang belum punya jamban. [Sumber : Suara Merdeka]


KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Kampanye Jamban Masuki Pemalang Rating: 5 Reviewed By: Dhani Habib AlHuda