Latest News
Friday, July 29, 2016

Kapal Dihantam Gelombang Tinggi, 2 ABK di Pemalang Hilang

Tanji saat dimintai keterangan oleh petugas Polair Pemalang, Jawa Tengah. Foto: Metrotvnews.com/Kuntoro Tayubi

Seputar Pemalang - Karna angin kencang dan terjangan ombak besar setinggi dua meter di perairan utara Comal, Pemalang, Jawa Tengah, sebuah kapal motor nelayan milik Tanroji, warga Pemalang, pecah dan tenggelam.

Kapal Motor Bintang Garuda berkapasitas 10 grosston yang dinahkodai sendiri oleh Tanroji itu membawa 18 ABK. Sebanyak 16 ABK selamat dan dua ABK hilang.

Tragedi bermula saat kapal berhenti untuk mencari ikan di perairan utara Comal. Sesampai di perairan Ulujami, kurang lebih 6 mil dari bibir pantai, ABK menebar jaring. Beberapa saat kemudian berembus angin timur dan tak lama kemudian ombak besar menerjang kapal. Lambung kiri bawah kapal pecah dan mengalami kebocoran. Kapal pun terbalik dan tenggelam. 

“Kejadiannya pada Rabu 27 Juli malam. Kami tidak menyangka tiba-tiba cuaca buruk dan angin kencang. Saat lambung bocor, kami sudah berusaha menguras air yang masuk, tapi kapal malah pecah dan tenggelam” paparTanroji saat dimintai keterangan di Pospol Tanjungsari, Pemalang, Kamis (28/7/2016) sebagaimana dilansir Metrotvnews.

Setelah 30 menit terapung di laut, para ABK diselamatkan Kapal Motor (KM) Mawar milik warga Tegal yang tengah melintas. 

“Dua orang yang hilang tidak bisa berenang. Semua peralatan kapal hilang dan hanyut karena menyelamatkan diri masing-masing. Saya tidak tahu kalau mereka hilang” kata dia.

Sebanyak 16 ABK yang selamat antara lain Tanroji (50), Tarsan (60), Muntodi (37), Sunardi (55), Imron (56), Abdul Azis Nasution (53), Anton Ratawan (28), Awir (56), Atmo (56), Ali Sodikin (16), Ahmad Iskandar (17), Rastono (57), Purwandi (16), Munasik (14), Didit Saputra (21), dan Kalsum (40).

Sementara dua ABK yang belum ditemukan adalah Surinto (50) dan Sudarno (55).[Metrotvnews]


KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Kapal Dihantam Gelombang Tinggi, 2 ABK di Pemalang Hilang Rating: 5 Reviewed By: Dhani Habib AlHuda