Latest News
Thursday, April 28, 2016

Mewujudkan Impian Pantai Wadas Malang (Pantai Limbangan) Destinasi Wisata Pantai Baru di Pemalang

SeputarPemalang.Com -
Kabupaten Pemalang memiliki topografi bervariasi. Bagian utara merupakan dataran rendah, berupa daerah pantai dengan ketinggian berkisar antara 1-5 meter di atas permukaan laut. Bagian tengah merupakan dataran rendah yang subur dengan ketinggian 6–15 m di atas permukaan laut; sedangkan bagian selatan merupakan dataran tinggi berupa pengunungan yang subur serta berhawa sejuk dengan ketinggian 16–925 m di atas permukaan laut. Puncak tertingginya adalah Gunung Slamet, yang berada di perbatasan dengan Kabupaten Tegal dan Kabupaten Purbalingga, dan merupakan gunung tertinggi di Jawa Tengah.

Wilayah Kabupaten Pemalang dilintasi oleh tiga sungai besar, yaitu Sungai Comal, Sungai Waluh, dan Sungai Rambut, yang menjadikannya sebagai daerah aliran sungai yang subur. Sungai Comal merupakan sungai terbesar, yang alirannya melalui tujuh wilayah kecamatan di kabupaten ini, dan bermuara ke Laut Jawa tepatnya di Ujung Pemalang

Kabupaten Pemalang  terletak di pesisir utara Propinsi Jawa Tengah, dengan  luas 111.530 Ha. Secara geografis, wilayah ini  terletak pada 109° 17’30” - 109° 40’30” Bujur Timur dan 8°52’30” - 7° 20’11’’ Lintang Selatan. Seluruh wilayahnya terbagi menjadi 14 kecamatan, yang membawahi 211 desa dan 11 kelurahan. Adapun  batas-batas  wilayah  administrasi  Kabupaten  Pemalang  adalah  sebagai berikut :
  1. Sebelah Utara     :  Laut Jawa
  2. Sebelah Timur     :  Kabupaten Pekalongan
  3. Sebelah Selatan  :  Kabupaten Purbalingga
  4. Sebelah Barat     :  Kabupaten Tegal
Ada empat kecamatan di Pemalang yang secara geografis memiliki bibir pantai antara lain :
  1. Kecamatan Pemalang
  2. Kecamatan Taman
  3. Kecamatan Petarukan
  4. Kecamatan Ulujami
Diantara empat kecamatan yang memiliki pantai saat ini yang sudah menjadi objek wisata yaitu Pantai Widuri yang berlokasi di Kecamatan Pemalang, Pantai Raden Joko Tingkir (Nyamplungsari) yang berlokasi di Kecamatan Petarukan dan Pantai Kramatsari (Blendung) yang berada di kecamatan Ulujami.

Adalah keberadaan Pantai Limbangan yang berlokasi di Kecamatan Ulujami yang sampai saat ini belum tersentuh oleh instansi terkait. Tempatnya yang rimbun, eksotis dan indah. Perjalanan lokasi yang masih alami perlu sentuhan agar memudahkan masuk ke area pantai Limbangan. Beberapa tokoh pemuda yang menggagas untuk mengembangkan wilayah Pantai Limbangan yang terkenal dengan Legenda Wadas Malang nya untuk menjadikan Pantai Wadas Malang ini menjadi salah satu destinasi wisata pantai di pesisir Pemalang.






Beberapa waktu lalu B
adan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kabupaten Pemalang mendukung program Master Plan Percepatan dan Perluasan Pengurangan Kemiskinan Indonesia (MP3KI) yang difasilitasi oleh PNPM Mandiri Pedesaan. Program ini melibatkan empat desa di kecamatan Ulujami yaitu, desa Kaliprau, Kertosari, Blendung dan Ketapang dan sayangnya perwakilan dari desa Limbangan tidak ikut dalam kegiatan ini. Dalam acara musyawarah antar desa (MAD) yang diselenggarakan di balai desa Kaliprau MP3KI ini memang agak berbeda dengan program yang selama ini dikerjakan oleh PNPM Mandiri pedesaan, yaitu tidak menitikberatkan pada infrastruktur semata akan tetapi harus mencakup lima asset penghidupan antara lain Infrastruktur, Sosial, SDM, financial dan SDA.
Pada kesempatan tersebut Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Setya Teguh Yuwana, menyampaikan hal betapa pentingnya sinergisitas antar desa dan perlunya pengembangan kawasan pesisir berbasis pariwisata. Hal ini dilakukan karena sifat pariwisata yang memunyai efek berganda. Disampaikan pula bahwa di Pemalang perlu adanya wisata alternative sebagai daya tarik wisatawan agar lebih banyak berkunjung ke wilayah ini. Hal senada juga disampaikan oleh Ka Bid Pemberdayaan Masyarakat Bapermas KB Kabupaten Pemalang, Sodik. Dia menandaskan bahwa pola pikir masyarakat ke empat desa tersebut harus dirubah untuk bisa menjual potensi pesisir yang ada, karena hal ini akan lebih meningkatkan pendapatan asli desa.

Di akhir acara disepakati oleh ke empat desa yang terlibat untuk membentuk Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) yang bertugas untuk merumuskan, menyusun dan melaksanakan program MP3KI tersebut.

Direncanakan untuk pantai Limbangan, beberapa tokoh pemudah yang tergabung dalam Salim (Sahabat Limbangan) yang dimotori oleh Setyo Purnomo dkk, sudah beberapa kali mengadakan pertemuan dengan Pemdes Limbangan dan instansi terkait





untuk mewujudkan impian Pantai Limbangan sebagai destinasi wista baru di Kabupaten Pemalang. Survey lokasi dan mapping sudah dilakukan. Untuk program awal akan dilakukan penanaman mangrove untuk menambah penghijauan dan salah satu langkah menanggulangi abrasi pada Libur Lebaran tahun ini.

Dalam acara tersebut selain penanaman mangrove juga akan dilakukan Funbike untuk umum lingkup se Kabupaten Pemalang disamping akan mengundang beberapa tokoh masyarakat dan pejabat Pemda mereka juga ingin ada beberapa investor, sponsor yang dapat mewujudkan impian Pantai Limbangan sebagai destinasi wista panta baru di Kabupaten Pemalang.

(photo merupakan kontribusi dari Salim (Sahabat Limbangan))

KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Mewujudkan Impian Pantai Wadas Malang (Pantai Limbangan) Destinasi Wisata Pantai Baru di Pemalang Rating: 5 Reviewed By: Nano Setiyono