Latest News
Sunday, February 21, 2016

"Kader Belajar Bersama" Wujud Nyata Revitalisasi Posyandu

SeputarPemalang.Com - Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) merupakan  suatu bentuk pemberdayaan masyarakat yang dibentuk, dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, dan untuk masyarakat..Selain itu, Posyandu juga merupakan garda terdepan dalam peningkatan derajat kesehatan bayi dan balita. 

Keberhasilan berjalannya Posyandu tergambar melalui cakupan SKDN. Dimana (S) merupakan seluruh jumlah balita di wilayah kerja posyandu, (K) merupakan jumlah semua balita yang memiliki KMS, (D) merupakan balita yang ditimbang, dan (N) merupakan  balita yang berat badannya naik. Dari data D/S dapat terlihat baik atau kurangnya partisipasi atau peran serta masyarakat dalam penggunaan posyandu.

Salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan Posyandu adalah pengetahuan dan keterampilan kader. Hal ini dikarenakan pengetahuan dan keterampilan kader yang rendah akan mengurangi tingkat pelayanan kepada masyarakat.


"Program Belajar Bersama" merupakan salah satu program dari mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro yang ditempatkan di wilayah kelurahan Purwoharjo, Kecamatan Coma, Kabupaten Pemalang. Program yang dibuat oleh Nur Ahmad Habibi yang merupakan mahasiswa ilmu gizi fakultas kedokteran universitas diponegoro ini, merupakan salah satu program unggulan yang dimiliki oleh tim KKN wilayah penempatan purwoharjo.



 Gambar. Pelatihan antropometri



Gambar. Pemberian Materi


Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan kader mengenai pengetahuan dan keterampilan dalam tata kelola  Posyandu. Selain itu, program ini juga mempunyai tujuan untuk mewujudkan merevitalisasi Posyandu. 

Program yang diikuti oleh seluruh kader posyandu dan petugas BKB (Bina Keluarga Berencana) yang ada di Purwoharjo sebanyak 45 orang ini,dilaksanakan secara berkala, yaitu pada tanggal 3,4 dan 8 Februari ini memiliki materi meliputi konsep pelaksanaan Posyandu, Pesan kader terhadap kesehatan, Penggunaan KMS, dan Pengukuran antropometri, serta Penentuan Status Gizi. 

Berbeda dari pelatihan pelatihan yang telah dilaksanakan, program ini membawa konsep Forum Group Discussion dan Praktek lansung sehingga Diharapkan dari program ini, dapat tercipta kader kader posyandu yang aktif, dan mempunyai kualitas yang baik.


KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: "Kader Belajar Bersama" Wujud Nyata Revitalisasi Posyandu Rating: 5 Reviewed By: Nur ahmad habibi