Latest News
Tuesday, February 9, 2016

Anggota DPRD : Penunjukan Plt Bupati Pemalang Beri Kesan Negatif Bagi Gubernur


SeputarPemalang.Com - Beberapa pihak di DPRD Provinsi Jawa Tengah menyayangkan langkah Pemprov Jateng yang telah menunjuk Sekda Pemalang Budhi Raharjo menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Pemalang. Pasalnya yang bersangkutan terindikasi melakukan pelanggaran saat Pilkada serentak lalu.

Budhi Raharjo diangkat sebagai Plt Bupati Pemalang pada 24 Januari 2016 berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo Nomor 131/2016. Sriyanto Saputro anggota Komisi A DPRD Jateng ikut angkat bicara dan menilai langkah Gubernur kurang teliti dalam mengangkat pejabat. 

"Kami menyayangkan langkah Gubernur yang kurang teliti," katanya, sebagaimana diberitakan Tribun Jateng , Senin (08/02/2016).

Menurut Sriyanto bahwa sebelumnya yang bersangkutan telah direkomendasikan untuk diberi sanksi oleh Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) terkait pelanggaran Peraturan Pemerintah (PP) No.53/2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Menurutnya, Ketua KASN Sofian Efffendi melalui surat Nomor: B-1359/KASN/11/2015 tertanggal 30 November 2015 merekomendasikan memberikan sanksi kepada Sekda Pemalang tersebut karena dianggap tidak netral pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2015. Budhi Raharjo dianggap melanggar Pasal 4 dan angka 10 PP Nomor 53/2010.

Sanksi ini terkait pelanggaran dilakukan Sekda Pemalang yang menarik tiga PNS yang diperbantukan di Kantor Panitia Pengawas (Panwas) Pemalang pada Oktober 2015. Akibatnya aktivitas Panwas Kabupaten Pemalang terancam tersendat karena dana operasional, seperti gaji anggota Panswas tidak bisa cair.

Ketika kasus ini mencuat dan menjadi sorotan, lanjut Sriyanto, Komisi A DPRD Jateng juga pernah memanggil Desk Pilkada Pemerintah Provinsi Jateng, KPU dan Bawaslu Jateng untuk klarifikasi. Waktu itu diperoleh penjelasan bahwa akan ada sanksi bagi PNS yang tidak netral termasuk Sekda Pemalang.

Sementara Men-PAN dan Reformasi Birokrasi juga pernah menegaskan akan memberi sanksi berat bagi PNS yang tidak netral. "Sanksi yang kita tunggu-tunggu tidak pernah muncul, justru mendapat 'hadiah' sebagai Plt Bupati," ujarnya.

Ia khawatir hal ini membuat PNS ke depan tidak takut untuk tidak netral dalam penyelenggaraan pilkada terutama berpihak pada petahana, karena jika menang akan memperoleh reward.

"Ini dapat menimbulkan kesan negatif bagi Gubernur, karena tidak memberikan hukuman kepada Sekda Pemalang malah diberikan jabatan," pungkas politikus Partai Gerindra ini.(tribun Jateng)


KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Anggota DPRD : Penunjukan Plt Bupati Pemalang Beri Kesan Negatif Bagi Gubernur Rating: 5 Reviewed By: Dhani Habib AlHuda