Latest News
Tuesday, January 19, 2016

Sidang MK Gugurkan Gugatan Pilkada Pemalang

Sidang MK Gugurkan Gugatan Pilkada Pemalang

SeputarPemalang.Com -  Sidang Mahkamah Konstitusi (MK) akhirnya memutuskan tidak menerima 35 permohonan gugatan perkara perselisihan hasil pemilihan kepala daerah 2015. Dimana 35 permohonan gugatan perkara yang tidak diterima tersebut adalah permohonan gugatan terkait Pilkada di kabupaten Pemalang. 

Alasan penolakan gugatan tersebut berdasarkan aturan permohonan gugatan harus diajukan paling lambat 48 jam setelah penetapan Komisi Pemilihan Umum (KPU) daerah setempat atas rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara. Selain itu juga melewati tenggang waktu yang ditentukan.

Di Jawa Tengah, total ada lima pasangan calon yang telah mengajukan gugatan ke MK. Yakni dari Kabupaten Pekalongan, Sragen, Pemalang, dan Wonosobo. Dimana 5 pasangan tersebut adalah dari Kabupaten Pekalongan, nomor urut satu yakni pasangan Riswadi-Nurbalistik.

Sementara dari Pemalang ada dua pasangan yaitu nomor urut 3, Mukti Agung Wibowo-Afifudin, dan nomor urut 1, Mukhamad Arifin- Romi Indiarto. Dan dari Sragen yaitu pasangan nomor urut 2, Agus Fathurrahman- Djoko Suprapto. Sedangkan dari Wonosobo adalah pasangan nomor urut 2, yakni Sarif Abdillah-Usup Sumenang.

Menurut Kepala Biro Hubungan Masyarakat MK, Budi Djauhari, bahwa para pemohon tidak dapat menjadikan molornya pemberian surat keputusan penetapan rekapitulasi hasil suara sebagai alasan pembenar keterlambatan pendaftaran gugatan.

Masih menurut Budi bahwa para pemohon, baik pasangan calon maupun kuasa hukum, diberikan waktu oleh MK yaitu 3×24 jam untuk menyertakan surat keputusan tersebut sejak pendaftaran. Tetapi mereka tak bisa memenuhinya.

’’Kami yakin para pemohon sebenarnya mengetahui batas waktu pendaftaran gugatan, karena pada saat KPUD menetapkan rekapitulasi hasil pemungutan suara, tim pasangan calon pasti berada di kantor penyelenggara pemilu setempat. Jadi tidak ada alasan terlambat dan tidak tahu,’’ papar Budi seperti diberitakan Suara Merdeka.

Selain 35 putusan tersebut, ada lima permohonan gugatan yang ditarik oleh pasangan calon. Gugatan yang ditarik dari Toba Samosir, Sumatera Utara; Kota Baru, Kalimantan Selatan; Bulukumba, Sulawesi Selatan; Boven Digoel, Papua dan Pesisir Barat, Lampung. 

Sementara menurut Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hadar Nafis Gumay bahwa pihaknya tak menyiapkan berkas dan dokumen apa pun, namun cukup hadir di tempat dengan tepat waktu.

’’Cukup menghadiri, mendengar dan mengambil putusan atau ketetapannya,’’kata Hadar. 

MK telah menyidangkan 147 gugatan perselisihan hasil pilkada serentak. Sidang dengan agenda pemeriksaan pendahuluan telah dilaksanakan pada 7, 8, dan 11 Januari 2016. 

Sementara sidang dengan agenda mendengarkan jawaban KPU dan pihak terkait dilaksanakan pada 12-14 Januari. Sidang nantinya akan dilanjutkan bagi perkara yang dinyatakan dapat diteruskan. [SM-DHA]


KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Sidang MK Gugurkan Gugatan Pilkada Pemalang Rating: 5 Reviewed By: Dhani Habib AlHuda