Latest News
Friday, January 22, 2016

Putusan Sengketa Pilkada Pemalang Dibacakan Hari Senin Depan


SeputarPemalang.Com - Total ada empat pasangan calon kepala daerah dari empat kabupaten di Jawa Tengah yang mengajukan perselisihan hasil pemilu di Mahkamah Konstitusi (MK), dijadwalkan dibacakan putusannya, pada Hari Senin 25 Januari 2016.

Sebagaimana dilansir Suara Merdeka bahw keempat pasangan calon tersebut diantaranya, yakni perselisihan hasil pemilu (PHP) Kabupaten Pekalongan yang diajukan oleh pasangan calon H Riswadi dan Hj Nurbalistik dengan nomor perkara 110/PHP.BUP-XIV/2016. Selanjutnya PHP Kabupaten Pemalang dengan nomor perkara 61/PHP.BUP-XIV/2016 yang diajukan oleh Mukti Agung Wibowo ST, MSi serta Afifudin SE.

Berikutnya pembacaan putusan PHP Kabupaten Sragen yang diajukan Agus Fatchur Rahman SH MH serta Djoko Suprapto SE MM dengan nomor perkara 51/PHP.BUP-XIV/2016. Serta PHP yang diajukan pasangan calon Sarif Abdillah SPd I serta H Usup Sumanang SH MM dari Kabupaten Wonosobo.

Sebelumnya MK telah memutuskan perkara dengan nomor registrasi 138/PHP.BUP-XIV/2016 yang diajukan oleh pasangan calon Mukhammad Amd Teks serta Romi Indiarto SPt dari Kabupaten Pemalang.[Baca Juga : Sidang MK Gugurkan Gugatan Pilkada Pemalang]

Dimana dalam kesimpulannya Mahkamah berwenang mengadili permohonan a quo. Eksepsi termohon yakni KPU Kabupaten Pemalang serta pihak terkait yakni pasangan calon H Junaedi SH MM serta Drs H Martono mengenai tenggang waktu pengajuan pemohon yakni Mukhammad Amd Teks dan Romi Indiarto SPt beralasan bagi hukum.

Permohonan pemohon melewati tenggang waktu pengajuan permohonan yang ditentukan peraturan perundang-undangan. Kedudukan hukum (legal standing) pemohon, pokok permohonan pemohon, eksepsi termohon serta eksepsi pihak terkait tak dipertimbangkan.

Mahkamah dalam putusannya, mengabulkan eksepsi termohon serta eksepsi pihak perihal Perihal tenggang waktu pengajuan permohonan. Permohonan pemohon tak raih diterima.[SM-DHA]


KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Putusan Sengketa Pilkada Pemalang Dibacakan Hari Senin Depan Rating: 5 Reviewed By: Dhani Habib AlHuda