Latest News
Tuesday, January 5, 2016

KPU Pemalang Siap Ikuti Proses Gugatan di MK



SeputarPemalang.Com - Pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pemalang siap mengikuti semua tahapan serta proses yang terjadi di Mahkamah Konstitusi (MK) perihal adanya gugatan permohonan dari pasangan calon bupati serta wakil bupati yang kalah dalam pilkada 9 Desember tahun lalu.

Diketahui pada hari Hari Senin (4/1) MK sudah meregister permohonan gugatan dari paslon nomor urut 1 yakni M Arifin serta Romi Indiarto serta paslon nomor 3 Mukti Agung Wibowo serta Afifudin. Untuk nomor register paslon M Arifin serta Romi Indiarto yakni 138/PHP.BUP-XIV/2016, sementara untuk paslon Agung-Afif yakni nomor registernya 61/PHP.BUP-XIV/2016.

Dalam permohonan tersebut baik paslon nomor 1 maupun paslon nomor 3 menduga terjadi pelanggaran yang bersifat sitematis, terstruktur, serta masif di enam kecamatan di Kabupaten Pemalang. 6 kecamatan tersebut yakni Kecamatan Randudongkal, Belik, Warungpring, Pemalang, Taman serta Kecamatan Watukumpul.

Adapun pelanggaran serta kecurangan yang dimaksud antara lain adanya politik birokrasi, politik uang, serta adanya intimidasi.

Sidang MK Akan Digelar 7 Januari 2016


”Pada intinya KPU Pemalang selalu siap mengikuti semua proses di MK termasuk ketika sidang nanti tanggal 7 Januari 2016, serta kita juga akan siapkan berkas-berkas yang diperlukan dalam persidangan nanti" kata Ketua KPU Pemalang, Abdul Hakim sebagaimana diberitakan Suara Merdeka.

"Kita juga akan berkoordinasi dengan KPU Provinsi, maupun pusat, serta dengan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), serta Panwas sebagai lembaga yang mengawasi Pilkada, maupun institusi Kepolisian,” papar Abdul Hakim.

Menurut  Abdul Hakim bahwa berdasarkan tahapan di KPU semestinya penetapan bupati serta wakil bupati terpilih dilakukan pada tanggal 21 serta 22 Desember 2015 lalu.

Tapi dengan adanya permohonan ke MK yang dilakukan oleh paslon yang kalah maka KPU Pemalang menunda waktu penetapannya sampai ada keputusan yang berkekuatan hukum tetap dari MK. Dengan diregisternya permohonan dari dua paslon itu, maka proses selanjutnya yakni sidang pertama.

”Panwas tetap menghormati terhadap permohonan gugatan yang diajukan oleh paslon nomor 1 serta tiga ke MK, pasalnya hal itu adalah hak mereka serta amanat Undang-Undang juga. Perihal materi yang ditujukan ke Panwas, aku siap menjawab semua pertanyaan pada ketika dimintai keterangan oleh MK,” terang Ketua Panwas Pemalang, Hery Setyawan.

Hery berujar, pihaknya telah menyiapkan berkas serta alat bukti untuk menjawab semua pertanyaan ketika di MK, pada intinya Panwas sudah siap. Malahan Panwas langsung memanggil semua Panwascam terutama enam kecamatan yang disebut dalam permohonan mereka.

Panwas telah mempelajari materi yang diajukan ke MK, serta Panwas akan menyusun jawaban atau keterangan bilamana diperlukan MK. Bahkan untuk menjawab pertanyaan Panwas juga akan berkonsultasi dengan Bawaslu Provinsi Jateng, serta bilamana diperlukan akan konsultasi dengan Bawaslu RI.(Suara Merdeka -DHA)

KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: KPU Pemalang Siap Ikuti Proses Gugatan di MK Rating: 5 Reviewed By: Dhani Habib AlHuda