Latest News
Wednesday, December 2, 2015

Polres Pemalang Gelar Apel Persiapan Bencana Alam

Polres Pemalang Gelar Apel Persiapan Bencana Alam

SeputarPemalang.Com - Kepolisian Resor Pemalang bersama Instansi perihal menggelar apel gelar skuad siaga bencana Banjir serta Tanah longsor di Mapolres, Hari Selasa (01-12-2015). Apel tersebut diikuti oleh anggota Polres Pemalang, Kodim 0711 Pemalang, BPBD Kabupaten Pemalang, Dishubkominfo, Sat Pol PP, TNI – AL, Pramuka Saka Bhayangkara, Mahasiswa AS SOLEH serta Mahasiswa STIT Pemalang.

Kapolres Pemalang, AKBP Kingking Winisuda SH, SIK selaku pemimpin apel membacakan amanat Bupati Pemalang, bahwa penyelenggaraan kegiatan ini adalah salah satu usaha yang dilakukan dalam rangka menindaklanjuti instruksi Gubernur Jawa Tengah.

Apel juga dilakukan dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi bisa jadi terjadinya bencana alam di wilayah kabupaten pemalang, terutama bencana banjir serta tanah longsor.

Sehubungan dengan hal itu, di ucapkan terima kasih serta penghargaan yang tinggi kepada seluruh peserta apel siaga bencana, karena dengan kesanggupan saudara melaksanakan apel ini, saudara sudah memperlihatkan komitmen serta sikap kesiapsiagaan yang tinggi, sikap ini sangat di butuhkan dalam menghadapi bisa jadi terjadinya bencana yang dapat datang kapan saja.


Sebagaimana diketahui bersama bahwa keadaan serta keadaan geografis Kabupaten Pemalang sangat kompleks yang terdiri dari wilayah pesisir pantai, dataran rendah, dataran tinggi serta pegunungan, maka menjadikan wilayah Kabupaten Pemalang sebagai wilayah yang rentan terhadap terjadinya bencana, setidaknya terdapat empat potensi bencana alam yang bisa jadi dapat terjadi, yakni banjir, tanah longsor, kekeringan serta gunung meletus.

Dari ke empat potensi bencana alam yang mungkin terjadi tersebut, pada kini bencana alam yang sangat mungkin terjadi ialah banjir serta tanah longsor, pasalnya sebagian wilayah Indonesia termasuk kabupaten pemalang telah mulai di guyur hujan.

Dengan intensitas hujan yang cukup tinggi, dimungkinkan bencana banjir bisa terjadi di wilayah pesisir kebupaten pemalang, sementara bencana tanah longsor bisa terjadi di wilayah dataran tinggi maupun pegunungan.


Menghadapi bisa jadi terjadinya bencana banjir serta tanah longsor tersebut, hendaknya tak menjadikan kita takut atau khawatir, melainkan menjadikan kita harus selalu lebih waspada serta siap siaga untuk mengantisipasinya, serta meningkatkan kemampuan mitigasi bencana agar bisa meminimalisir jumlah korban bilamana sewaktu – waktu terjadi bencana.

Berkaiatan dengan penanganan terjadinya bencana, terutama bencana banjir serta tanah longsor, perlu kiranya kita belajar pada pengalaman terjadinya banjir serta tanah longsor pada tahun 2014 yang lalu. Jadikan hal tersebut sebagai sarana evaluasi untuk mengetahui hal-hal apa saja yang masih terdapat kekurangan dalam penangananya, tentunya hal ini harus ditingkatkan serta diperbaiki lagi, maka penganganan bencana yang sama di tahun ini maupun di tahun-tahun yang akan datang bisa dilakukan secara optimal serta malahan asa kita semua, peristiwa tersebut bisa diantisipasi sebelumnya terutama antisipasi timbulnya korban jiwa.[TribataNews -Humas Polres Pemalang]


KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Polres Pemalang Gelar Apel Persiapan Bencana Alam Rating: 5 Reviewed By: Dhani Habib AlHuda