Latest News
Tuesday, December 1, 2015

Kelangkaan Pupuk Terjadi di Pemalang

Kelangkaan Pupuk Terjadi di Pemalang

SeputarPemalang.Com - Para petani di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah tengah pusing tujuh keliling. Sebabnya, di wilayah mereka pupuk susah didapatkan. Bila pun ada harganya sangat tinggi dan jelas sangat merugikan para petani.

Surono (49) petani warga Kecamatan Pemalang berujar, kini pupuk tengah langka di pasaran. Walaupun para petani sangat membutuhkan untuk memupuk tanaman jagung serta sayur-sayuran mereka.

“Untuk dapat mendapatkan pupuk terpaksa harus kesana kemari. Malahan sampai keluar daerah,” paparnya, sebagaimana dilansir JPNN Hari Jumat (27/11) kemarin .

Parahnya, usaha Surono mencari pupuk di luar wilayah Pemalang juga tak berjalan mulus. Rupanya di wilayah-wilayah sekitar Pemalang, pupuk juga langka.

Jikapun ada di penjual atau distributor pupuk , imbuh Surono, harganya cukup tinggi. "Pupuk Pusri, semula harga per kwintal Rp 190 ribu kini naik jadi Rp 200 ribu malahan Rp 300 ribu," katanya.

Keadaan kelangkaan pupuk juga dirasakan oleh petani lainnya, Surya (54). Baginya, kelangkaan disebabkan stok yang ada di distributor tidak mampu mengimbangi tingginya permintaan petani. "Karena jatah distribusi pupuknya sedikit," paparnya.

Agar petani tak lagi mengalami kesulitan mendapatkan pupuk, pihak pemerintah diharapkan segera turun kebawah melihat keadaan di lapangan. Sebab bila tak kelangkaan pupuk akan semakin parah serta harga pupuk akan semakin melonjak.[jpnn]

KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Kelangkaan Pupuk Terjadi di Pemalang Rating: 5 Reviewed By: asri yatno