Latest News
Monday, December 28, 2015

2 Paslon Tunggu Verifikasi MK Soal Gugatan Pilkada Pemalang

Mukti Agung Wibowo dan Afifudin - Radar Tegal
SeputarPemalang.Com - Total ada  5 pasang calon (paslon) kepala daerah di empat 4 menunggu verifikasi dari Mahkamah Konstitusi(MK) dalam sengketa Pilkada, apakah gugatannya dinyatakan memenuhi syarat atau tidak. 

Menurut Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah Joko Purnomo bahwa, 5 pasang calon itu sudah mendaftarkan gugatan hasil Pemilukada yang dilaksanakan pada tanggal 9 Desember lalu.

Verifikasi berkas gugatan yang telah didaftarkan melalui panitera MK, yang kemudian akan dilakukan pada tanggal 3 sampai dengan 4 Januari 2016 mendatang. Selajnjutnya antara tanggal 4 sampai dengan 7 Januari, akan ada surat dari MK apakah gugatan memenuhi syarat atau tidak.

“Jika memenuhi syarat akan dilanjutkan gugatannya dan jika tidak maka KPU kabupaten/kota bersangkutan segera menetapkan pasangan calon yang mendapatkan suara terbanyak. Kemudian KPU mengirim surat penetapan kepada DPRD setempat sebagai dasar DPRD mengajukan kepala daerah terpilih kepada Mendagri melalui gubernur,” kata Joko sebagaimana diberitakan Suara Merdeka.

Kini sudah ada 17 kabupaten/kota yang sudah menetapkan calon terpilih. Sementara sisanya, empat kabupaten/kota belum menetapkan, karena ada pasangan calon yang mengajukan gugatan ke MK. Empat kabupaten/kota tersebut adalah : Kabupaten Pemalang, Pekalongan, Sragen dan Wonosobo. 

“Untuk Kabupaten Pemalang ada dua pasangan calon yang mengajukan gugatan,”papar mantan Ketua KPU Kabupaten Wonogiri itu.

Menurut paslon no 3 Mukti Agung dan Afifudin mengatakan bahwa kondisi pelaksanaan Pemilukada di kabupaten Pemalang cukup menjadikan miris karena banyaknya indikasi pengkordinasian serta mengorganisir aparatur sipil negara sebagai tim pemenangan paslon tertentu sehingga paslon Agung - Afif Keberatan Terhadap Proses Pilkada di Pemalang dan mengajukan gugatan ke MK.[DHA]


KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: 2 Paslon Tunggu Verifikasi MK Soal Gugatan Pilkada Pemalang Rating: 5 Reviewed By: Dhani Habib AlHuda