Latest News
Sunday, November 22, 2015

Total Ada 33 Desa Akan Dilalui Tol Pejagan - Pemalang


SeputarPemalang.Com - Pihak Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Tegal saat ini tengah melakukan pembebasan lahan tol Pejagan-Pemalang yang melintas di Kabupaten Tegal. BPN menargetkan identifikasi hingga pembebasan lahan di 33 desa di 7 kecamatan selesai pada Desember mendatang.

”Mulai besok (hari ini) kita akan gelar musyawarah di beberapa desa perihal ganti untung itu,kata Kepala BPN Kabupaten Tegal, Herry Sudiartono, ketika ditemui di kantornya, Selasa (17/11) sebagaimana dikabarkan Suara Merdeka.

Herry Sudiartono menjelaskan bahwa musyawarah dilakukan untuk menentukan besaran harga dan identifikasi lahan milik masyarakat yang akan dilalui jalan tol Pejagan-Pemalang. Jalan tol tersebut diperkirakan panjang 38 kilometer (KM) yang melintasi 7 kecamatan di Kabupaten Tegal. 

Sebagai tahapan awal, dia menambahkan, pihaknya akan menggelar musyawarah dengan pihak atau masyarakat pemilik bidang tanah sebanyak 779 di 10 desa. ”Kalau target sebanyak 2.410 bidang tanah di 7 Kecamatan untuk sepanjang 38 kilometer yang melintasi Kabupaten Tegal" terangnya.

"Tahap Awal Sebagai tahap awal, kami mulai dari 10 desa di tiga kecamatan. Selanjutnya 23 desa lainnya di empat kecamatan setelah itu" ucap dia. 

Sepuluh desa pertama tersebut yakni berada di Kecamatan Warureja (Desa Sigentong, Desa Pendayakan, dan Desa Kedung Jati), Kecamatan Suradadi (Desa Gembong Dadi, Desa Karang Mulya, Desa Karang Wuluh, Desa Kertasari, dan Desa Harjasari), dan Kecamatan Pangkah (Desa Dermasandi dan Desa Pecabean). 

Herry Sudiartono berharap, musyawarah tersebut bisa berjalan lancar. Dengan demikian dari target identifikasi hingga pembebasan lahan yang ditargetkan selesai pada Desember tahun ini bisa tercapai. 

"Tentu kami berharap musyawarah bisa berjalan lancar, dan bisa mendapat kata sepakat untuk ganti untung. Kewenangan kami di BPN hanya sampai dengan musyawarah. Sementara yang membayarkan nanti dari Satuan Kerja (Satker) dari Kementerian PU dan PR,"katanya.

Herry Sudiartono bahkan menyebut Kabupaten Tegal merupakan daerah dengan wilayah Pantura terpanjang yang akan dilalui proyek jalan tol Trans Jawa itu. Jalur sepanjang 38 km akan melewati 33 desa mulai dari Desa Sigentong Kecamatan Warureja hingga Dukuhturi.

” Kita wilayah terpanjang yang dilalui tol Pejagan- Pemalang atau Trans Jawa ini. Kalau pembayaran ganti rugi target rencana selesai April 2016. Namun sekali lagi ini baru target rencana, nanti tergantung DIPA tahun 2016" paparnya. 

Dia menegaskan, dalam proses ganti rugi tersebut, pihak pemerintah akan menyerahkan tafsir harga lahan yang sudah teridentifikasi pada tim apraisal independent. Dia menyatakan, dengan adanya penunjukan tim penafsir harga dari independent, masyarakat tidak akan dirugikan mengenai besaran ganti-rugi yang diterima.

"Untuk penafsir harga, ada nanti dari tim dari penilai profesional. Dengan demikian diharapkan masyarakat atau pemilik lahan tidak dirugikan" pungkasnya.


KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Total Ada 33 Desa Akan Dilalui Tol Pejagan - Pemalang Rating: 5 Reviewed By: Dhani Habib AlHuda