Latest News
Tuesday, November 17, 2015

Pemkab Pemalang Minta Diberi Rest Area Di Tol Pemalang - Pejagan


SeputarPemalang.Com -  Beekenaan akan dilaksanakannya pembangunan jalan tol trans Jawa di Pemalang, Pemerintah Kabupaten setempat mengusulkan adanya rest area di daerah untuk memicu pertumbuhan perekonomian warga yang dilintasi jalan tol.

Sekretaris Daerah Kabupaten Pemalang Budhi Rahardjo mengatakan, bahwa usulan mengenai rest area itu muncul karena ada informasi bahwa pihak pelaksana pembangunan jalan tol hanya akan membangunkan area parkir. 

Rencana itu sudah masuk dalam gambar peta jalan tol. Menurut Budhi Rahardjo, jika hanya dibangun area parkir saja maka sudah bisa dipastikan di situ hanya ada tempat untuk buang air kecil dan air besar saja. Hal itu tidak akan memberikan manfaat besar bagi masyarakat Pemalang, dibandingkan dibangun rest area. 

Jadi dirinya berpikiran dalam pembangunan jalan tol di Pemalang perlu dibangun pula rest area bukan area parkir saja di Pemalang. Sebab jika dibangunkan rest area maka di situ akan ada outlet- outlet jajanan, pusat oleh-oleh, rumah makan dan lainnya sehingga dapat membantu warga sekitar.

Lapangan Kerja Dengan demikian, menurut Sekda, akan menciptakan lapangan kerja dan lahan usaha bagi masyarakat setempat, dan ke depannya akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah Pemalang. Mengenai calon lokasi untuk rest area itu, Pemkab sudah punya di Desa Widodaren, Kecamatan Petarukan. Kebetulan pihak pelaksana pembangunan jalan tol juga akan membangun area parkir di lokasi yang sama. 

Di lokasi itu lahan yang dibutuhkan oleh pihak pelaksana untuk membangun rest area seluas 3 hektare. Padahal lahan yang ada lebih dari 3 hektare. Sehingga sangat tepat dibangun rest area. Pembangunan rest area itu nantinya yang melaksanakan adalah investor atau pelaksana jalan tol. Bukan pihak desa atau pemkab yang memiliki tanah. 

Sebab dalam pembangunan jalan tol tanah rakyat, tanah desa atau pemkab semuanya akan diganti rugi. Proses penilaian harga ganti rugi dilakukan oleh pihak penaksir independen atau appraisal. 

Ditambahkannya, rakyat Pemalang sudah sangat merindukan pembangunan jalan tol. Karena sudah menunggu selama 8 tahun lebih sejak dicanangkan akan dibangunnya fasilitas transportasi nasional itu.[Suara Merdeka]


KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Pemkab Pemalang Minta Diberi Rest Area Di Tol Pemalang - Pejagan Rating: 5 Reviewed By: Dhani Habib AlHuda