Latest News
Sunday, November 22, 2015

KPU Pemalang Belum Terima Kertas Suara Pilkada

KPU Pemalang Belum Terima Kertas Suara Pilkada

SeputarPemalang.Com - Walau pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) kurang dari satu bulan lagi, namun Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah belum memulai penyortiran kertas suara yang akan digunakan pada saat pencoblosan‎. Karna proses pencetakan kertas suara molor dari jadwal.

Pihak KPU sebelumnya sudah menjadwalkan proses penyortiran kertas suara akan dilakukan selama tiga hari mulai Kamis (19/11/2015). Tetapi, jadwal tersebut dipastikan molor karena hingga ‎hari ini kertas suara masih dalam proses pencetakan di Percetakan Pura, Kudus.

Ketua KPU‎ Pemalang Abdul Hakim mengatakan, bahwa molornya jadwal penyortiran disebabkan pihak percetakan kelebihan kapasitas karena banyaknya kertas suara yang harus dicetak. 

"Ya kita memaklumi saja karena ini kan pilkada serentak jadi mundurnya karena banyaknya kertas suara yang harus dicetak. Lebih baik menunggu seluruh selesai dicetak baru dikirim daripada dikirim bertahap karena nanti malah menyulitkan," kata Hakim sebagaimana dilansir Sindonews, hari Jumat (20/11/2015).

Menurut informasi yang disampaikan pihak percetakan terkait jadwal pencetakan kertas suara, AbdulHakim memperkirakan kertas suara yang akan digunakan pada tgl 9 Desember tersebut baru akan sampai di Pemalang pada Selasa (24/11/2015). 

"Kita harapkan tanggal 24 November seluruh kertas suara sudah sampai di Pemalang sehingga langsung bisa dilakukan penyortiran," terang Hakim. 

Walau proses pencetakan kertas suara dipastikan molor dari jadwal, namun Abdul Hakim meyakini tahapan pelaksanaan pilkada tidak akan terganggu. Karna nantinya distribusi logistik ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) akan diupayakan ‎sesuai jadwal yang sudah ditetapkan. 

"Untuk penyortiran bisa dilakukan selama dua hari selesai. Kita juga sudah antisipasi jika nantinya ada yang tertukar atau rusak bisa langsung minta penggantian ke percetakan," jelasnya.

‎Sesuai jadwal yang ditentukan, KPU akan mulai mendistribusikan logistik untuk keperluan pemungutan suara ke PPK mulai 29 November 2015. Sehingga, nantinya ditargetkan seluruh PPK sudah menerima logistik pada 6 Desember untuk selanjutnya didistribusikan ke PPS dan Tempat Pemungutan Suara (TPS). 

Total jJumlah kertas suara yang dipesan KPU Pemalang mencapai 1.127.447 lembar. Jumlah tersebut menyesuaikan dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang telah ditetapkan sebelumnya. Jumlah tersebut belum termasuk kertas suara cadangan dengan jumlah 2,5 persen dari DPT. 

"Untuk logistik lainnya seperti bilik suara maupun tinta sudah siap didistribusikan semua. Tidak ada masalah. Jadi saat ini kami hanya tinggal menunggu proses pencetakan kertas suara selesai," pungkasnya.[SDN-DHA]



KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: KPU Pemalang Belum Terima Kertas Suara Pilkada Rating: 5 Reviewed By: Dhani Habib AlHuda