Latest News
Wednesday, November 11, 2015

Kapolres Pemalang Pimpin 374 Polri Amankan Bebat Publik Cabup dan Wabup



SeputarPemalang.Com - Komisi Pemilihan Umum telah menetapkan dan memutuskan berbagai rangkaian tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan pemilukada serentak Kabupaten Pemalang tahun 2015, baik yang dilaksanakan oleh pihak penyelenggaraan maupun oleh pasangan Calon, Parpol pengusung dan pemilih, mulai tahap Persiapan sampai Penyelenggaraan.

Salah satu diantaranya adalah dalam tahap penyelengaraan pemilu yaitu kampanye debat publik, yang mana kegiatan ini dinilai cukup efektif untuk menyampaikan visi dan misi dari paslon, mencari dukungan dan simpati para pemilih khususnya pemilih pemula, sehingga semua pihak berharap untuk tahapan ini dapat terselenggara sesuai jadwal dan terlaksana dengan lancar, sukses serta aman.

Membaca situasi dan kondisi seperti diatas, Kepala Kepolisian Resor Pemalang Ajun Komisaris Besar Polisi Kinking Winisuda, SIK, SH langsung proaktif berkoordinasi dengan KPU, Panwaslu, Pasangan Calon, Partai Pengusung dan Instansi Pam terkait, selanjutnya merumuskan pola pengaman kegiatan kampanye debat publik disesuaikan dengan situasi dan kondisi lokasi yang dipergunakan. 



Akhirnya diputuskan, pengamanan melibatkan 374 personel Polres Pemalang dari semua fungsi Operasional dan Brimob Detasemen B Pekalongan ditempatkan di Ring 1 dan 2, serta di Ring 3 ditempatkan 1 Ton TNI, 1 Ton Satpol PP, Dishub dan Linmas.

Debat Publik, acara pokok kampanye debat publik bertempat di Hotel Regina, sesuai jadwal dilaksanakan hari Minggu (08-11-2015). Kapolres Pemalang memimpin apel personel pengamanan pada hari itu juga tepat jam 05.30 WIB, kemudian dilanjutkan dengan tindakan sterilisasi dimulai dari dalam ruang Hall lokasi debat publik, kemudian  berpindah ke tempat lain di seluruh lokasi Hotel Regina oleh tim steril dan tim Jibom Brimob Detesemen B Pekalongan, dan setelah dinyatakan steril, langsung di tempati dan diamankan oleh personel Polres sesuai ploting pada sprint dan kemudian personel dilarang meninggalkan tempat sebelum ada perintah.

Tamu undangan yang telah menerima tanda pengenal resmi dari KPU, diperiksa satu persatu oleh tim pengaman pintu gerbang utama yang teridi dari KPU, Polri, TNI dan Satpam Regina Hotel, selain karyawan hotel, tamu hotel yang tidak membawa tanda pengenal khusus dari KPU diminta untuk kembali atau berkumpul dengan tertib di sebelah timur dan barat pintu gerbang utama hotel. 


Berturut- turut rombongan paslon nomor urut 1 Muhamad Arifin dan Romi Indiarto dengan 100 orang pendukung terdaftar di KPU diperiksa satu persatu, termasuk mobil dan motor yang dibawanya. Setelahdinyatakan aman pendukung paslon memarkirkan motor dan mobil dilokasi yang sudah ditentukan, dan dilakukan pemeriksaan badan dan tas bawaan dengan metal detektor, setelah dinyatakan steril para tamu dipersilahkan duduk di deretan kursi yang telah disiapkan, demikian berlanjut ke paslon dan pendukung nomor urut 2 dan 3. Sedangkan untuk pasangan calon transit di ruang khusus, di ruang tersebut Ketua dan Komisioner KPU, Ketua Panwaslu, Kapolres Pemalang dan Dandim 0711 Pemalang telah menunggu.

Setelah pendukung paslon dan tamu undangan lengkap dan dinyatakan steril, ketiga pasangan calon dengan didampingi oleh Komisioner KPU dan diiringi oleh Kapolres / Dandim 0711 Pemalang, dipersilahkan masuk ruang hall dan menempati tepat duduk sesuai urutan. 


Kegiatan di buka oleh Ketua KPU Pemalang Abdul Hakim, SH dan dilanjutkan acara pokok yaitu debat publik dengan moderator  Komisioner Kompolnas Hamidah Abdul Rahman, SH, MH .

Acara kampanye debat publik sesuai jadwal (90 Menit) telah dilaksanakan dan berlangsung dengan hangat namun tertib, selanjutnya masing-masing paslon dan 100 orang pendukungnya serta simpatisanya yang setia menunggu di luar pagar Hotel Regina, dengan pengamanan ketat dari personil Polri berpakaian dinas dan preman, dikawal depan belakang dengan mobil Dinas sampai ke Sekretariat / Pos tim suksesnya.

Setelah itu seluruh lokasi Hotel Regina kembali disisir oleh  Tim Steril dan Tim Jibom, dan setelah dinyatakan steril, kemudian dikembalikan kepada KPU selaku penyelenggara. Kemudian seluruh personel Pengamanan kembali melaksanakan apel konsolidasi, selanjutnya anggota dibubarkan untuk melaksanakan tugas rutinya masing-masing. [Sumber : http://www.tribratanews.com/kapolres-pemalang-pimpin-374-polri-amankan-bebat-publik-cabup-dan-wabup/]


KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Kapolres Pemalang Pimpin 374 Polri Amankan Bebat Publik Cabup dan Wabup Rating: 5 Reviewed By: asri yatno