Latest News
Saturday, October 31, 2015

Warga Ancam Blokade Tol Pejagan - Pemalang


SeputarPemalang.Com -  Ratusan warga Desa Siasem, Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes mengancam akan memblokade jalan tol Pejagan- Pemalang yang saat ini masih dalam proses pembangunan jalannya. Aksi itu akan mereka dilakukan ketika tuntutan pembuatan terowongan di bawah jalan tol tersebut tak segera direalisasikan.

”Kami tunggu realisasi pembuatan terowongan yang menjadi tuntutan warga ini. Jika tak direalisasikan oleh pihak tol dalam waktu sesegera mungkin, kami bersama ratusan warga siap memblokade jalan tol,” ancam Ahmad Torikhin, salah satu tokoh masyarakat desa setempat, kemarin. 

Ada ratusan warga dari Desa Siasem, Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes mendatangi Pendapa Kabupaten Brebes, Kamis (29/10). Dimana mereka memprotes akses jalan warga yang ditutup oleh pembangunan jalan tol Pejagan-Pemalang.

Warga menuntut agar dibuatkan terowongan sebagai akses jalan warga untuk menyeberang luas tol tersebut. Torikhin mengatakan, warga bersikeras meminta dibuatkan terowongan untuk akses karena sebelum dibangun jalan tol ada jalan milik warga. Akses Utama Jalan itu selama ini menjadi akses utama warga baik untuk menuju areal persawahan maupun menuju desa tetangga. 

Tetapi, setelah jalan tol dibangun akses warga itu tertutup. Akibatnya, warga harus memutar jalan dengan jarak lebih jauh.

”Ini kan justru membuat warga kami kesulitan beraktivitas. Karena itu, kami minta jalan yag sudah ada dibangun lagi dengan sistem terowongan,” tandasnya.

Menurut dia, akses jalan tersebut bagi warga Desa Siasem sangat vital. Tak hanya menghubungkan antara wilayah di Desa Siasem, juga menjadi akses menuju Desa Klampok dan Luwunglagi, serta menjadi jalan utama menuju areal persawahan.
Terpenting lagi, jalan itu juga menghubugkan sejumlah wilayah di Desa Siasem dengan tempat pemakaman umum desa.

”Kalau tidak ada jalan akses, ketika ada orang meninggal di seberang jalan tol, terpaksa kami harus memutar untuk menuju pemakaman. Apa ini tidak menyulitkan,” terangnya. 

Dia bersama warga sangat berharap, permintaan tersebut ditindaklanjuti secara serius oleh pihak Pejagan-Pemalang Tol Road (PPTR) selaku pihak yang berwenang dalam pembangunan jalan tol tersebut. Pemkab Brebes juga diminta terus mendorong agar permintaan warga bisa secepatnya terealisasi.

”Kalau tidak direalisasikan, berarti keberadaan jalan tol justru menyengsarakan rakyat kecil,” ucapnya.

Sementara itu, Perwakilan PPRT Brebes, Mita Lolita saat dikonfirmasi wartawan terkait persoalan tersebut, kemarin enggan berkomentar. Ia justru meminta wartawan untuk mengirimkan permohonan surat resmi dari perusahaan medianya, jika ingin konfirmasi atau meminta informasi terkait pembangunan tol Pejagan-Pemalang.

”Saya tidak bisa memberikan keterangan. Kalau ingin informasi pakai surat resmi saja,” katanya saat dihubungi melalui telepon.[Sumber : Suara Merdeka]


KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Warga Ancam Blokade Tol Pejagan - Pemalang Rating: 5 Reviewed By: Dhani Habib AlHuda