Latest News
Thursday, October 29, 2015

Tol Trans Jawa di Pemalang Terhambat Sutet

Tol Trans Jawa di Pemalang Terhambat Sutet

SeputarPemalang.Com - Pihak Pemda Pemalang, Jawa Tengah, memohon pembebasan tanah untuk jalan tol Pejagan-Pemalang di wilayahnya dipercepat. Pasalnya, pelaksanaan pembangunan Jalan Tol Trans Jawa tersebut bisa mundur bilamana sampai akhir tahun perkara lahan belum selesai.

“Jika sampai 5 Desember 2015 belum ada pembayaran ganti rugi maka terancam mundur tahun depan pelaksanaannya,” ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Pemalang, Budhi Rahardjo yang juga Sekretaris Tim Pengadaan Tanah Jalan Tol, sebagaimana diberitakan Metrotv Kamis (29/10/2015).

Menurut Budhi, bahwa berdasarkan regulasi baru penutupan kas APBN diajukan pada 5 Desember, tidak 25 Desember 2015. Dalam pelaksanaan pembebasan tanah jalan tol harus dipercepat prosesnya agar tidak sampai tutup kas APBN.

Proyek jalan tol di Pemalang dibagi dua ruas, yaitu ruas Pejagan-Pemalang masuk sesi 4 dan ruas Pemalang- Batang masuk sesi 1. Permasalahannya, pada gambar peta awal di ruas Pejagan- Pemalang tepatnya di sesi 4 menabrak saluran udara tegangan tinggi atau Sutet, sehingga harus digeser.

Penggeseran yang dilakukan tidak bisa mengubah jaringan Sutet yang sudah ada, karena hal itu akan menelan biaya tinggi. Maka, diambil langkah yang dianggap efisien, yaitu menggeser peta awal. Untuk itu, diperlukan lahan baru. Jelas tahap ini butuh pengukuran ulang di Desa Sewaka. Saat ini pekerjaan itu sedang berlangsung.

Saat ini, permasalahannya tinggal kesiapan Kementerian PU. Pengadaan tanah untuk jalan tol sekarang dilaksanakan oleh pemerintah. Setelah semuanya sudah dibebaskan, maka diserahkan kepada investor. Sedangkan pemerintah memberikan talangan dulu pada investor.

"Jika pemerintah sudah siap anggarannya maka sudah bisa dibayar ganti untungnya. BPN sudah bergerak cepat, sehingga diharapkan nanti pada November hasil pengukuran dan inventarisasi sudah bisa diumumkan,” tutupnya.[Dha-Metro]


KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Tol Trans Jawa di Pemalang Terhambat Sutet Rating: 5 Reviewed By: Dhani Habib AlHuda