Latest News
Thursday, October 29, 2015

Rancangan Arsitektur Masjid Agung Pemalang Dilombakan

Rancangan Arsitektur Masjid Agung Pemalang Dilombakan

SeputarPemalang.Com -  Masjid Agung Pemalang akan direnovasi Pemkab dan rancangan arsitekturnya akan disayembarakan untuk menemukan gaya yang khas bagi daerah tersebut, sekaligus menambah wajah cantik kota. 

Seperti diketahui, selama ini bangunan tempat ibadah terbesar di Pemalang itu dipandang ketinggalan dari sisi arsitektur masjid jamik di kota lainnya. Padahal renovasi setiap tahun dilakukan, namun tak menambah pesona masjid dari segi keindahan arsitektur. 

Terakhir, renovasi berat bangunan masjid dilakukan sekitar 15 tahun lalu. Bupati Pemalang Junaedi melalui Sekda Budhi Rahardjo menjelaskan, pemkab bermaksud merenovasi Masjid Agung yang akan dimulai pada tahun anggaran 2017. 

Sehubungan dengan hal itu akan diselenggarakan sayembara untuk detail enginering desaign (DED) dengan anggaran sebesar Rp 500 juta. ”Jadi nanti akan dilihat rancangan DED, siapa yang akan dipilih dan akan dijadikan sebagai gaya arsitektur Masjid Agung Pemalang ke depan,” kata Budhi Raharjo sebagaimana dimuat di Suara Merdeka.

Peserta sayembara tersebut tidak terbatas, karena pemkab juga menyiarkan di media online. Sehingga nantinya peserta berasal dari berbagai daerah, termasuk dari luar negeri. 

Anggaran Rp 50 Miliar Diharapkan gaya arsitektur yang akan dipilih nantinya menunjukkan khas Kabupaten Pemalang. Pihak pemkab tidak akan duduk sebagai penilai sayembara. Namun penilaian akan didasarkan pada asumsi dan rasa artistik para tokoh agama dan alim ulama yang memiliki nilai seni arsitektur bangunan. 

Nantinya pembangunan fisik Masjid Agung akan dilaksanakan pada 2017 dan akan selesai pada 2018. Anggaran pembangunan fisiknya bersumber dari APBD Kabupaten Pemalang sebesar Rp 50 miliar.

”Demi kelancaran dan kesuksesan kegiatan tersebut, Bupati Junaedi mohon dukungan dan doa restu umat Islam agar rencana memperindah arsitektur Masjid Agung bisa terealisasi,” pungkas Budhi. 

Berita rencana renovasi Masjid Agung tersebut telah diumumkan kepada jamaah shalat Jumat pekan lalu. Jamaah menyambut gembira. Mereka mengharapkan perwajahan kota Pemalang akan lebih indah lagi jika nanti tempat ibadah terbesar itu jadi direnovasi. [ayg-SM]


KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Rancangan Arsitektur Masjid Agung Pemalang Dilombakan Rating: 5 Reviewed By: Dhani Habib AlHuda