Latest News
Sunday, October 4, 2015

Politisasi Birokrasi di Pemalang, MenPAN-RB Kirim Tim Investigasi

Menteri PAN-RB - Yuddy Chrisnandi (foto Inilah)
SeputarPemalang.Com - Ramainya kasus politisasi birokrasi yang dilakukan Sekda Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah langsung direspon Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara serta Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi.

Bagi Yuddy, kini pihaknya akan segera menurunkan tim investigasi ke Kabupaten Pemalang untik menindaklanjuti dengan pengenaan hukuman kepada yang bersangkutan.

"Laporan Ketua Bawaslu perihal kasus di Kabupaten Pemalang Jawa Tengah telah masuk kategori pelanggaran netralitas ASN. Karenanya kami akan mengirim tim investigasi serta segera mengambil tindakan papar sesuai PP 53/2010 tentang Displin PNS," papar Menteri Yuddy di kantornya, sebagaimana dilansir Jawa Pos Hari Jumat (2/10).

Seperti disampaikan oleh Ketua Bawaslu Muhammad, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Pemalang terancam lumpuh. Sebabnya tiga PNS yang diperbantukan di Sekretariat Panwaskab diminta untuk mengundurkan diri oleh Sekda Pemerintah Kabupaten Pemalang, sehingga anggaran operasional serta gaji anggota Panwas tak bisa dicairkan.

Muhammad membeberkan, penarikan ketiga PNS itu dilakukan oleh Sekda Kabupaten Pemalang, selepas Panwaslu meluluskan wabup incumbent sebagai salah satu kandidat Pilkada.

Baca Juga : 3 PNS Ditarik, Panwaslu Pemalang Terancam Lumpuh

“Mungkin mesin birokrasi telah diarahkan untuk mendukung salah satu calon,” katanya.

Bagi Yuddy, intervensi tersebut adalah pelanggaran, sebagaimana tercantum dalam UU Aparatur Sipil Negara serta tak mengindahkan SE Menteri yang dikeluarkan pada tanggal 22 Juli 2015 perihal netralitas ASN.[Ayg-JP]

KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Politisasi Birokrasi di Pemalang, MenPAN-RB Kirim Tim Investigasi Rating: 5 Reviewed By: asri yatno