Latest News
Monday, October 12, 2015

Pembangunan Jembatan Juwet Sudah Terealisasi 50%

Ilustrasi - Foto Antara
SeputarPemalang.Com - Proses pembangunan Jembatan Juwet yang menghubungkan Desa Ujunggede, Kecamatan Ampelgading dengan Kelurahan Purwoharjo, Kecamatan Comal sudah terealisasi sekitar 50%.

Sudaryono Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) mengaku optimistis pembangunan jembatan akan selesai sesuai jadwal. 

”Pembangunan Jembatan Juwet ini mendapat perhatian dari masyarakat, mereka menilai pembangunan jembatan tersebut berlangsung lama,” kata Sudaryono sebagaimana dilansit Suara Merdeka 11 Sept 2015. 

Padahal, menurutnya pembangunan jembatan sudah sesuai tahapan. Jembatan tersebut dibangun oleh pemerintah kabupaten (pemkab) bekerja sama dengan pemerintah pusat.

Empat Fondasi

Menurutnya Pemkab Pemalang melakukan pembongkaran kemudian membangun fondasi jembatan. Adapun untuk rangka jembatan disediakan oleh pemerintah pusat. ”Pada 2015 pembongkaran dan pembangunan fondasi selesai, kemudian pada tahun 2016 rangka jembatan akan dipasang,” papar Sudaryono.

Proses pembongkaran dan pembangunan fondasi Jembatan Juwet dilakukan dengan dana APBD 2015 dengan nilai kontrak lebih kurang Rp 8 miliar.

Pembangunan dilaksanakan oleh PT Karya Mulia Mandiri, Samarinda, Kalimantan Timur. Pembangunan sesuai kontrak dilaksanakan mulai 12 Mei dan berakhir pada 7 Desember 2015. Pembongkaran jembatan lama dilakukan secara simbolis dengan pencopotan paku keling oleh Bupati Junaedi pada Mei lalu.

Adapun ukuran jembatan baru nantinya adalah 150 x 7 meter dengan konstruksi empat fondasi yang masing-masing berjarak 40- 60-40 meter. Jembatan tersebut menghabiskan dana lebih kurang Rp 30 miliar dari APBD kabupaten dan APBN. [Suara Merdeka]


KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Pembangunan Jembatan Juwet Sudah Terealisasi 50% Rating: 5 Reviewed By: Dhani Habib AlHuda