Latest News
Friday, October 16, 2015

Mertua Dan Simbah Kendala Utama Pemberian ASI

Ilustrasi Ibu Menyusui - Google Images

SeputarPemalang.Com - Lahirannya bayi adalah anugrah Tuhan yang begitu besar tiada tara, apalagi bagi pasangan yang sudah menikah namun belum juga di karuniai anak. Kebahagiaan ini lantas membuat orang disekelilingnya merasa senang.

Saking senangya biasanya Mertua dan Si Mbah, panggilan nenek atau kakek dalam istilah Jawa akan memberikan apa saja yang dibutuhkan si bayi. Kebutuhan itu bisa berbentuk makanan dan perlengkapan bayi yang bisa kita lihat saat ada ibu melahirkan.

Pada kebutuhan makanan Sang bayi, Mertua atau Si Mbah biasanya menganjurkannya supaya bayi diberi makanan pendamping. Makan yang  berupa pisang ataupun bubur, padahal usia bayi belum sampai 6 bulan.

Hal ini sering dilakukan dengan anggapan si bayi dalam keadaan kelaparan,  diperkuat lagi ibu yang enggan mau menyusui bayinya apalagi bagi ibu yang susah keluar Air Susunya (ASI). Pemberian ASI pada masa kurang dibawah 6 bulan disebut dengan istilah ASI Eklusif.

ASI Eksklusif
ASI eksklusif adalah pemberian ASI (air susu ibu) sedini mungkin setelah persalinan, diberikan tanpa jadwal dan tidak diberi makanan lain, walaupun hanya air putih,sampai bayi berumur 6 bulan. Setelah 6 bulan, bayi mulai dikenalkan dengan makanan lain dan tetap diberi ASI sampai bayi berumur dua tahun. Adapun manfaat  dan tujuan pemberian Asi Eksklusif itu sendiri :

Manfaat :
  1. Pemberian Asi Eksklusif dapat meningkatkan Kecerdasan dan Perkembangan otak bayi karena mengandung zat-zat penting yang dibutuhkan bayi seperti DHA, AA dan Laktosa yang berfungsi untuk merangsang perkembangan Sel-sel saraf pana bayi.
  2. Pemberian Asi Eksklusif bisa meningkatkan kekebalan tubuh bayi serta membantu melindungi dari berbagai penyakit dan infeksi agar tidak mudah sakit.
  3. Salah satu kemudahan dan manfaat Asi yaitu mudah diserap, mudah dicerna oleh tubuh bayi, bersih dan bebas pencemaran Lebih aman dari pada susu formula, dan tentunya kandungan zat-zat penting yang sesuai dan seimbang dengan kebutuhan bayi.
  4. Selain untuk bayi ternyata juga ada Manfaat pemberian asi eksklusif terhadap ibu menyusui, diantaranya adanya ikatan kasih sayang antara ibu dan anak, menunda kehamilan serta membantu mencegah kanker payudara.


Tujuan :
Ada beberapa hal yang menjadi tujuan dan juga manfaat ASI eksklusif yang bisa didapatkan baik itu untuk ibu menyusui maupun bagi sang bayi yaitu antara lain adalah sebagai berikut :
  1. Untuk Bayi antara lain mendapatkan faedah manfaat asi antara lain adalah sang bayi dapat membantu memulai kehidupannya dengan baik,mengandung antibodi, asi mengandung komposisi yang tepat, mengurangi kejadian karies dentis, memberikan rasa aman dan nyaman pada bayi dan adanya ikatan antara ibu dan bayi, terhindar dari alergi , asi meningkatkan kecerdasan bayi, membantu perkembangan rahang dan merangsang pertumbuhan gigi karena gerakan mengisap mulut bayi pada payudara sang ibu.
  2. Untuk sang ibu menyusui akan mendapatkan manfaat dan faedahnya antara lain adalah bisa sebagai kontrasepsi, meningkatkan aspek kesehatan ibu, membantu dalam hal penurunan berat badan, aspek psikologi yang akan memberikan dampak positif kepada para ibu yang menyusui air susu ibu itu sendiri.

Adapun jenis-jenis air susu ibu yaitu :

Kolostrum
Cairan kental berwarna kekuning-kuningan yang dihasilkan pada hari pertama sampai hari ke-3. Kolustrum bisa dikatakan sebagai "imunisasi" pertama yang diterima bayi karena banyak mengandung protein untuk daya tubuh yang berfungsi sebagai pembunuh kuman dalam jumlah tinggi. Kadarnya 17 kali dibandingkan dengan ASI matur. 

(Baca Juga : Manfaat Imunisasi Bagi Kesehatan Bayi dan Anak)

Susu Transisi
Adalah air susu ibu yang di produksi setelah kolostrum antara hari ke-4 sampai dengan hari ke-10. Dalam susu transisi ini terdapat Immunoglobulin, protein dan laktosa dengan konsentrasi yang lebih rendah dari kolostrum tetapi konsentrasi lemak dan jumlah kalori lebih tinggi, vitamin larut lemak berkurang, vitamin larut air meningkat. Bentuk atau warna susu lebih putih dari kolostrum.

Susu Matur
Yang dimaksud dengan air susu matur adalah susu yang keluar setelah hari ke-10. Berwarna putih kental. Komposisi ASI yang keluar pada isapan-isapan pertama (foremilk) mengandung lemak dan karbohidratnya lebih banyak dibandingkan hindmilk (ASI yang keluar pada isapan-isapan terakhir), maka jangan terlalu cepat memindahkan bayi untuk menyusu pada payudara yang lain, bila ASI pada payudara yang sedang diisapnya belum habis

Cara Memperbanyak Produksi ASI

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh para ibu menyusui untuk melakukan cara tips agar ASI banyak dan berlimpah yaitu dengan :
  • Menyusui sesering mungkin.
  • Motivasi yang kuat untuk menyusui bayi.
  • Pemeriksaan payudara untuk meningkatkan produksi ASI juga dapat direncanakan dari jauh-jauh hari.
  • Penggunaan BH yang terlalu sempit akan mempengaruhi produksi ASI.
  • Segera sehabis melahirkan maka sang bayi langsung diperkenalkan dengan payudara ibu atau lebih dikenal dengan istilah Inisiasi Menyusui Dini IMD.
  • Untuk mengatasi keterbatasan ASI perbanyaklah makan daun katuk, bayam, daun turi (sayuran hijau lainnya) yang banyak mengandung zat untuk memperbanyak produksi ASI.
Pentingnya ASI eksklusif yang diterangkan di atas haruslah menjadi perhatian, dan tanggung jawab bersama.  Sebagai orang tua juga harus mulai menyadari akan dampak pada si bayi jika ASI eksklusif ini tidak di berikan pada bayi dengan maksimal. 

Pertumbuhan bayi pada usia 0-6 bulan bisa sangat terhambat dan kemungkinan besar juga bayi anda tidak sehat.Padahal menurut standar kesehatan dunia WHO, bayi sebaiknya di sapih setelah 2 tahun usianya. 

Dengan mengetahui manfaat dan pentingnya pemberian ASI Eksklusif sudah selayaknya para orang tua (mertua dan simbah)  bersifat bijak. Orang tua haruslah  mengerti dan memberikan  hak bayi untuk mendapatkan ASI demi untuk mendapatkan pertumbuhan yang optimal terhadap si kecil.[*berbagai sumber]



( Imam Rohudin, S.Pd. adalah Mahasiswa S2 UNNES Semarang, Mantan Ketum HMI Purwokerto, Alumnus Ponpes Lirboyo, Gontor, UMP dan Peserta pada Pelatihan Jurnalis Warga yang di selenggarakan oleh Bappeda Brebes dan UNICEF di Plaza Hotel  Tegal, 3-4 Oktober 2015 ).




KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Mertua Dan Simbah Kendala Utama Pemberian ASI Rating: 5 Reviewed By: Dhani Habib AlHuda