Latest News
Wednesday, October 7, 2015

Menteri Yuddy Chrisnandi Ancam Pecat Sekda Pemalang

Menpan RB Yuddy Chrisnandi (Foto : Google Images)
SeputarPemalang.Com - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi mengancam akan melakukan pemberhentian tidak hormat atau pemecatan terhadap Sekretaris Daerah (Sekda) Pemalang, Jawa Tengah yang dikabarkan tak netral di Pilkada Serentak 2015.

Yudhi mengaku telah mendapatkan laporan secara lisan dari Badan Pengawas Pemilu terkait sikap tak netral tersebut.

"Bawaslu sudah melaporkan secara lisan, " kata Yuddy usai kunjungan di Mapolda Jawa Tengah Semarang, sebagaimana dilansir VIVANEWS Selasa 6 Oktober 2015.

Namun, terkait sanksi yang akan diberikan Menpan-RB, kini pihaknya masih akan menunggu laporan resmi dari Bawaslu terlebih dahulu.

Karna laporan itu harus disampaikan secara tertulis dengan bukti otentik mengenai sikap tak netral Pegawai Negeri Sipil tersebut.

"Secara lisan sudah tapi kita butuh laporan tertulis, untuk ditindaklanjuti dengan pemanggilan dan pemberian sanksi administratif," ungkapnya.

Bila nantinya laporan dan bukti menunjukkan adanya ketidaknetralan Sekda Pemalang, maka pihaknya mengancam tak segan memberikan sanksi berat kepada PNS bersangkutan.

Pemberian sanksi itu akan langsung dari Kemenpan-RB yang dilaksanakan Pemda setempat.

Pelanggaran netralitas Pilkada itu, kata Yuddy, tidak ada sanksi ringan. Sanksi yang akan dikenakan langsung pada sanksi sedang. Mulai pencopotan jabatan, penundaan promosi jabatan dan tunjangan sampai pemberhentian tidak hormat.

"Jadi kita tunggu laporan tertulis dulu dari Bawaslu," ujarnya.

Sebelumnya, berdasarkan laporan Bawaslu Jateng, Sekda kabupaten Pemalang Budi Raharjo diduga menyalahgunakan jabatan pada Pilkada Serentak 2015.

Budi Raharjo dianggap tidak netral dan menyalahgunakan jabatan dengan mengancam anak buahnya yang diperbantukan di Sekretariat Panwas Pilkada setempat. Sekda juga diduga melarang PNS setempat dan mengarahkan staf mendukung seorang calon tertentu di Pilkada.[VIVA-DHA]


KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Menteri Yuddy Chrisnandi Ancam Pecat Sekda Pemalang Rating: 5 Reviewed By: Dhani Habib AlHuda