Latest News
Thursday, October 15, 2015

Masyarakat Cikendung Pulosari Gelar Ruwat Bumi

Masyarakat Cikendung Pulosari Gelar Ruwat Bumi

SeputarPemalang.Com - Guna mensyukuri kesuburan tanah pertanian dan kemajuan pembangunan desa, masyarakat Desa Cikendung, Kecamatan Pulosari, Pemalang menggelar acara ruwat bumi. Dimana kegiatan tahunan yang diselenggaraan setiap 1 Muharam itu berlangsung meriah diikuti seluruh penduduk. 

Kegiatan berlangsung sejak Sabtu (13/10) siang hingga malam diakhiri dengan pagelaran wayang kulit yang dihadiri Bupati Junaedi, Camat Pulosari BPM Wibowo beserta unsur muspika lainnya. 

‘’Setiap jatuh Tahun Baru Islam 1 Muharam sejak dulu kami selalu menyelenggarakan acara adat berupa ruwat bumi untuk mensyukuri hasil pertanian yang melimpah dan pembangunan yang dilaksanakan,’’ papar Kades Cikendung Slamet sebagaimana dilansir Suara Merdeka.

Kegiatan yang menurut Slamet sudah merupakan hukum adat masyarakat setempat itu diawali dengan pengajian. Suasana terlihat guyub ketika penduduk tiap dusun berjalan dari rumah membawa tumpeng dan makanan ke balai desa. 

Selepas pengajian kemudian tumpeng dimakan bersama-sama. Kemudian pada malam harinya dilakukan peresmian balai desa yang selesai direhab. Dilanjutkan pagelaran wayang kulit dengan dalang Ki Jeder dari Banyumas. Walau menghabiskan biaya cukup besar hal itu tidak dirasakan berat oleh masyarakat dan pemerintah desa.

Budaya Menabung Menurut Slamet, tidak dirasakannya biaya yag besar itu karena masyarakat memiliki budaya menabung. Tabungan tiap penduduk dikumpulkan oleh ketua kelompok di tiap dusun. Tabungan yang dilakukan terdiri tabungan untuk membayar pajak PBB, peringatan Proklamasi 17 Agustus dan ruwat bumi. 

‘’Alhamdulillah kendati tiap penduduk hanya menyisihkan uang sekitar Rp 3.000 hingga Rp 4.000 tiap bulannya, hasilnya sangat mengesankan bisa untuk membangun jalan pula. Jumlah penduduk di sini 764 keluarga,’’ papar Slamet.

Berdasarkan hitungannya selama 10 tahun terakhir dana pembangunan yang terserap baik dari dana swadaya yang berasal dari tabungan masyarakat, maupun bantuan pemerintah jumlahnya mencapai sebesar Rp 30 miliar. Pada 2015 saja jumlah jalan yang dibangun sebanyak 7 titik, juga balai desa dan irigasi.

Pembangunan infrastruktur diprioritaskan karena Cikendung menjadi Desa Wisata. Desa yang berada di lereng Gunung Slamet itu memiliki keindahan alam dan menyimpan peninggalan benda-benda zaman purba seperti bebatuan yang dulu digunakan untuk kegiatan hidup sehari-hari. 

Pada kesempatan meresmikan balai desa Bupati menyampaikan rasa syukur dan terimakasih kepada masyarakat Cikendung yang terus bergotongroyong membangun desanya. Selama ini pemerintah hanya memberikan anggaran stimulan. 

Tetapi atas kegigihan warga bisa terwujud berbagai pembangunan infrastruktur. Diminta agar warga tetap mempertahankan Desa Cikendung sebagai desa wisata. Serta terus diinformasikan kepada masyarakat luas agar potensi wisata yang aada menjadi terkenal.[DHA-SM]


KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Masyarakat Cikendung Pulosari Gelar Ruwat Bumi Rating: 5 Reviewed By: Dhani Habib AlHuda