Latest News
Friday, October 2, 2015

Intervensi Bawahan di Pilkada, Sekda Pemalang Terancam Dipecat

Intervensi Bawahan di Pilkada, Sekda Pemalang Terancam Dipecat

SeputarPemalang.Com - Bawaslu mengatakan Sekda kabupaten Pemalang menggunakan jabatannya untuk mengintervensi bawahannya yang menjadi Panitia Pengawas (Panwas) pilkada setempat. Maka atas perbuatannya, dia pun terancam dipecat.

"Sekda di Pemalang itu karena melarang PNS. Serta mengarahkan staf mendukung seorang calon. Itu (terancam) dipecat," ujar Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Sofian Effendi di kantor KemenPAN RB di Jalan Sudirman, Jakarta Selatan, sebagaimana dilansir Detik.com Hari Jumat (2/10/2015).

Dia berujar sanksi tegas akan mulai diberlakukan tahun 2015 ini untuk memberi efek jera kepada PNS. Sebabnya, dalam setiap perhelatan Pilkada, Pileg atau Pilpres, PNS selalu ikut serta tapi tidak ada hukuman tegas. Walau telah diatur undang-undang, PNS bersangkutan hanya diberi hukuman teguran.

"Sanksi ini sebatas teguran, kini diperkeras dari penurunan pangkat sampai pemecatan," paparnya.

Ia mengatakan pelanggaran ini akan langsung diproses saat telah memiliki bukti yang kuat.

Sebelumnya, Ketua Bawaslu Muhammad berujar pihak Panwas Pemalang mendapati Sekda yang mengancam bawahannya yang diperbantukan di Panwas Kabupaten.

Sekda tersebut mendukung bupati yang hendak maju kembali serta bersaing dengan wakilnya. Tapi, KPUD menyatakan wakil bupati tersebut tidak memenuhi syarat administrasi.

Belakangan, Panwas Kabupaten dapat membuktikan wakil tersebut memenuhi syarat serta sukses maju sebagai rival bupati yang didukung Sekda. Sekda pun tidak terima sehingga dia menarik 3 PNS yang diperbantukan di Panwas Kabupaten tersebut. Alasannya, karena telah ada komitmen untuk mendukung bupati. (Baca : 3 PNS Ditarik, Panwaslu Pemalang Terancam Lumpuh)

"Sekda menginstruksikn 3 PNS ditarik karena berpikir kenapa diloloskan walaupun sudah bertekad majukan bupati ini norak. Namun yang enggak norak lebih banyak," kata Muhammad.[ayg-detik]

KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Intervensi Bawahan di Pilkada, Sekda Pemalang Terancam Dipecat Rating: 5 Reviewed By: Dhani Habib AlHuda