Latest News
Monday, September 21, 2015

Tipu Pengusaha Asal Comal, Dukun Pengganda Uang Ditangkap Polisi


SeputarPemalang.Com - Dah (53) seorang warga Dusun Tumpak, Desa Gandurejo, Kecamatan Bulu, Kabupaten Temanggung ditangkap petugas Polres Temanggung. Sebabnya, Lelaki berumur 53 tahun itu melakukan penipuan terhadap sejumlah warga dengan akui bahwa dirinya adalah seorang dukun yang mampu menggandakan uang.

"Tersangka masih kami periksa. Kami menjerat dengan Pasal 378 KUHP tentang Penipuan dengan ancaman hukuman maksimal lima tahun penjara," kata Kasat Reskrim Polres Temanggung, AKP Suharto, sebagaimana dilansir Okezone Hari Minggu 20 September 2015.

Dia berujar, penipuan tersebut bisa terungkap selepas ada laporan dari masyarakat. Ketika diperiksa, tersangka akui telah melakoni profesi tersebut semenjak satu tahun terakhir ini.

Korbannya adalah sejumlah pengusaha asal Comal Pemalang, Purworejo, serta Propinsi Riau. Mereka percaya bahwa pelaku mampu menggandakan uang.

Korban teranyar, ujarnya, adalah seorang pengusaha dari Riau. Dimana pengusaha tersebut menyerahkan uang Rp50 juta untuk digandakan menjadi Rp3 miliar.

Dalam melakukan aksinya, pelaku selalu memberikan sebuah kardus pada korban. Agar korban percaya, pelaku menunjukkan isi kardus yang di dalamnya telah berisi uang asli pecahan seratus ribu.

Pelaku berpesan kepada korban untuk tak membuka kardus sebelum keluar dari area ritual serta dalam waktu tertentu. Walaupun, uang tersebut hanya tampak di bagian permukaan saja, sedangkan yang pada bagian bawahnya adalah kertas koran.

"Saya isi kardus itu uang Rp 13 juta, sedangkan ia setor ke saya uang Rp 50 juta," paparnya.

Dari tangan pelaku, pihak polisi mengamankan barang bukti berupa sebuah kardus, sajadah, batu makam, serta satu keranjang tembakau yang belum sempat dijual oleh pelaku.[OKZ-AYG]


KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Tipu Pengusaha Asal Comal, Dukun Pengganda Uang Ditangkap Polisi Rating: 5 Reviewed By: Dhani Habib AlHuda