Latest News
Wednesday, September 30, 2015

Ratusan Nelayan Pemalang Tak Berani Melaut

Ratusan Nelayan Pemalang Tak Berani Melaut

SeputarPemalang.Com - Ratusan nelayan di Kabupaten Pemalang tidak berani melaut. Perihal itu karena ombak besar setinggi 3 meter terjadi di Laut Jawa. Dimana para nelayan tersebut akhirnya menambatkan ratusan perahu di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Tanjungsari, Pemalang. 

Para nelayan memilih beristirahat sambil memperbaiki perahu serta alat tangkap yang rusak sambil menunggu keadaan cuaca membaik. 

“Sudah tiga hari belakangan ini para nelayan tidak melaut, pasalnya sedang musim timuran, kendati demikian transaksi lelang di TPI tetap ada meski jumlahnya sedikit. Minimnya pasokan ikan otomatis berakibat tingginya harga jual beberapa jenis ikan,” ujar Kepala TPI Tanjungsari, Rameyanto, sebagaimana dilansir Suara Merdeka Hari Selasa (29/9).

Harga Ikan Nelayan yang melakukan lelang rata-rata yang telah telanjur melaut serta baru pulang ketika terjadi gelombang besar. Aktivitas di TPI terlihat sepi, pasalnya hanya ada beberapa perahu yang melakukan lelang, itu pun pada ketika pagi hari. 

Lainnya membahayakan nelayan, gelombang besar yang terjadi juga menyulitkan nelayan untuk menangkap ikan. Apabila mereka nekat melaut, bisa dipastikan hasil tangkapannya sedikit, serta nilai jualnya tak dapat menutup biaya operasional.

Sedangkan itu Jenis ikan yang mengalami kenaikan harga yakni tengiri yang biasanya dijual Rp 45.000/kg kini menjadi Rp 55.000/kg. Ikan larak, kini harga jualnya Rp 35.000/kg sementara biasanya hanya sekitar Rp 27.000/kg. 

“Nilai raman untuk tiga terakhir rata-rata hanya sekitar Rp 12 juta, sementara jumlah perahu yang melakukan lelang sekitar 12 unit, pasalnya sebagian besar perahu di Tanjungsari tak melaut,’’ paparnya.

Ia memperkirakan dalam waktu dekat musim timuran telah reda serta nelayan kembali melaut, sehingga aktivitas lelang dapat kembali ramai. Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Badan Meteorologi Klimatologi serta Geofisika Stasiun Meteorologi Tegal diketahui cuaca di sebagian besar wilayah Pantura diprakirakan berawan.

Angin bertiup dari arah timur sampai barat daya dengan kecepatan antara 05 hingga 25 kilometer/ jam. Sementara untuk tinggi gelombang di Laut Jawa berkisar antara 1 meter sampai 3 meter, perkiraan tersebut berlaku selama 24 jam mulai pukul 07.00 pada Hari Rabu (30/9).[ayg-SM]


KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Ratusan Nelayan Pemalang Tak Berani Melaut Rating: 5 Reviewed By: Dhani Habib AlHuda