Latest News
Monday, September 14, 2015

Polres Pemalang Tangkap Seorang Anggota Komplotan Pengedar Uang Palsu



SeputarPemalang.Com - Pihak jajaran Sat Reskrim Kepolisian Resort Pemalang, Hari Sabtu (12-09-2015) sukses menangkap S (51), seorang dari komplotan pengedar uang palsu. Ketika bersamaan, petugas juga menyita barang bukti uang palsu (upal) pecahan Rp50 ribu sebanyak 53 lembar atau senilai Rp2,65 juta.

Kapolres Pemalang, Ajun Komisaris Besar Polisi Dedi Wiratmo SIK melalui Kasat Reskrim, Ajun Komisaris Polisi R Haryo Setyo SH M.Krim membeberkan, penangkapan terhadap S bermula dengan adanya laporan dari pemilik sebuah kafe yang curiga terhadap uang pembayaran jasa karaoke serta pembelian minuman keras seharga Rp660 ribu. 


Sebabnya, beberapa lembar dari uang tersebut nomor serinya sama serta diteliti satu per satu rupanya pita pengaman uang juga rontok terlepas serta jatuh.

Ketika diperiksa, S akui disuruh Taroni (teman sekampung S yang kini bekerja di Kalimantan) menemui sesorang di depan Masjid Agung alun-alun Pemalang. Ketika bertemu, teman Taroni memberi S 53 lembar uang pecahan Rp50 ribu.

Tidak lama, Taroni melalui telepon seluler, berpesan agar selepas diberi uang, langsung dibelanjakan malam harinya. Tanpa basa basi serta bertanya-tanya lagi, S yang telah mengantongi sejumlah uang pemberian tersebut, langsung naik becak menuju Kafe remang–remang di komplek PSK Calamsari sebelah utara Terminal Bus Pemalang.

Di Kafe, S bertemu dengan empat orang tidak dikenalnya dari Bantarbolang, serta diajak minum miras bersama sambil berjoget ria di sebuah tempat karaoke didampingi tiga orang PL (pemandu lagu). Ketika selesai, S membayar tagihan bon minum, karaoke serta PL sebesar Rp660 ribu dengan menggunakan uang pemberian itu.

“Saat itu juga pemilik kafe serta tiga PL langsung mengejar pelaku serta menelepon petugas,” katanya sebagaimana dilansir Tribatanews.

Buser yang tengah berpatroli di seputaran Pasar Pagi, selepas menerima informasi serta dipandu dari Mapolres, langsung ikut memburu pelaku yang telah dikuntit oleh korban.


Ketika pelaku tengah memesan makanan di Warung Makan Lamongan sebelah utara SPBU alun – alun, korban yang telah didampingi petugas Buser menemui serta menunjukkan uang bayaran dari pelaku, sambil berkata “Kie Duite, duit palsu (Red. Ini Uangnya, Uang Palsu),”. 

Ketika itu S tak bisa menampik, selanjutnya diamankan ke Mapolres Pemalang guna penyidikan lebih imbuh untuk mengungkap jaringan pembuat upal tersebut.

Atas perbuatannya, kini tersangka dijerat dengan pasal 36 (3) UU RI Nomor 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang jo. Pasal 245 KUHP, dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara.[Humas Polres Pemalang]


KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Polres Pemalang Tangkap Seorang Anggota Komplotan Pengedar Uang Palsu Rating: 5 Reviewed By: asri yatno