Latest News
Friday, September 4, 2015

Penyelesaian Sengketa , Paslon yang Dicoret KPU Pemalang


SeputarPemalang.Com - Panwas Kabupaten Pemalang mulai mengawali musyawarah pertama penyelesaian sengketa pemilihan Bupati serta Wakil Bupati Pemalang pada hari Hari Rabu tanggal 2 September 2015 di Kantor Panwas Kabupaten Pemalang di Jalan Pemuda No.103 Pemalang.

Musyawarah ini diadakan selepas sebelumnya pada tanggal 26 Agustus 2015 Panwas Kabupaten Pemalang menerima permohonan penyelesaian sengketa dari Akan Pasangan Calon Bupati serta Wakil Bupati Pemalang Mukti Agung-Afifudin. 

Mukti Agung-Afifudin oleh KPU Kabupaten Pemalang tak ditetapkan sebagai Pasangan Calon Peserta Pemilihan, sehingga melalui Surat Keputusan Nomor 85/Kpts/KPU-Kab-012.329336/2015, KPU Kabupaten Pemalang hanya menetapkan 2 Pasangan Calon Peserta Pemilihan Bupati serta Wakil Bupati Pemalang yakni Junaedi-Martono serta Arifin-Romy.


Penyelesaian Sengketa , Paslon yang Dicoret KPU Pemalang

Pasangan Mukti Agung-Afifudin yang didukung oleh PKS, PAN serta Hanura ini oleh KPU Kabupaten Pemalang dianggap tak memenuhi syarat sebagai calon karna Afifudin tak menyerahkan dokumen laporan pajak tahunan (SPT).

Pelaksanaan musyawarah diiringi oleh aksi unjuk rasa ratusan pendukung dari pasangan Mukti Agung-Afifudin di luar halaman Kantor Panwas Kabupaten Pemalang, sehingga Kepolisian Resor Pemalang menurunkan jajarannya sebanyak 300 orang polisi untuk mengamankan jalannya proses musyawarah tersebut.

Sempat terjadi tragedi saat terdapat seorang yang memprovokasi massa unjuk rasa dengan cara mengancam orator yang tengah melakukan orasi sehingga terjadi keributan, tapi dengan kesigapan aparat kepolisian, orang yang diduga memprovokasi tersebut segera diamankan, sehingga keributan bisa dihentikan.


Penyelesaian Sengketa , Paslon yang Dicoret KPU Pemalang

Di dalam ruang tempat dilaksanakannya musyawarah, Anggota Panwas Pemalang mulai memimpin musyawarah. Musyawarah dihadiri oleh pasangan Mukti Agung-Afifudin serta kuasa hukumnya sebagai pemohon, serta dihadiri pula oleh 5 komisioner KPU Kabupaten Pemalang serta kuasa hukumnya yang menjadi termohon dalam musyawarah ini.


“Sebelum musyawarah ini dilanjutkan, apakah telah ada kesepakatan antara pemohon serta termohon?” tanya Hery Setyawan, Ketua Panwas Kabupaten Pemalang. 

Pemohon serta termohon serentak berujar “belum”. “Meskipun belum ada kesepakatan, kami berkeinginan para pihak bisa melakukan musyawarah atau rembug sendiri, sehingga bisa terjadi kesepakatan, itu dapat dilakukan sambil proses ini berjalan, sepakat?” imbuh Hery.


Musyawarah kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan surat permohonan dari pemohon serta jawaban dari termohon, serta penyerahan bukti-bukti tertulis dari para pihak.

Oleh karena para pihak belum menyiapkan saksi-saksi untuk didengar keterangannya, musyawarah kemudian ditutup oleh pimpinan musyawarah serta akan dilanjutkan pada hari Hari Kamis tanggal 3 September 2015 pukul 10.00 WIB.[bawaslu-jatengprov.go.id]


KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Penyelesaian Sengketa , Paslon yang Dicoret KPU Pemalang Rating: 5 Reviewed By: asri yatno