Latest News
Monday, September 7, 2015

Panwaslu Pemalang Kabulkan Gugatan Pasangan Calon Agung-Afifudin


SeputarPemalang.Com - Sidang sengketa Pilkada Pemalang akhirnya selesai dan mengeluarkan putusam dimana Panwaslu Kabupaten Pemalang mengabulkan gugatan pasangan akan calon (balon) bupati serta wakil bupati Pemalang, yakni Mukti Agung Wibowo-Afifudin serta memohon KPU Pemalang mencabut keputusan pleno yang menggugurkan pencalonan Agung-Afifudin. Maka  dengan dikabulkannya gugatan Agung -Afifudin memiliki kesemptan kembali ikut dalam bursa Pilkada Pemalang.

Itulah hasil sidang sengketa Pilkada yang diselenggarakan oleh Panwaslu Pemalang, Hari Senin (7/9) selepas sebelumnya KPU Pemalang menggugurkan pasangan Agung-Afifudin karena dianggap tak memenuhi syarat (TMS) ketika dilakukan verifikasi berkas pendaftaran.

Sidang yang dipimpin Ketua Majelis Sidang, Heri Setiawan juga sebagai Ketua Panwaslu Pemalang, anggota Rozak Purnama serta Safrudin, menghadirkan semua komisioner KPU Pemalang sebagai termohon serta pasangan Agung-Afifudin sebagai pemohon. Sidang memperoleh pengawalan ketat dari kepolisian karena adanya aksi unjukrasa pendukung Agung-Afifudin di kantor Panwaslu.

Dalam sidang sengketa tersebut, pihak Panwaslu memutuskan antara lain, mengabulkan permohonan pemohon, membatalkan keputusan KPU tentang penetapan calon, serta memohon termohon KPU Pemalang mengikut-sertakan pasangan Agung-Afifudin pada Pilkada Pemalang.

Selepas sidang, Ketua Panwaslu Pemalang, Heri Setiawan, dalam keterangan pers kepada sejumlah awak media menyatakan bahwa keputusan hasil sidang sengketa Pilkada di Panwaslu bersifat final serta mengikat. 

“Kami mohon agar KPU secepatnya menjalankan keputusan ini,” ujar heri sebagaimana dilansir Puskapik.com.

Bagi Heri, persyaratan yang dijadikan dasr untuk menggugurkan Agung-Afifudin tidaklah substantive. “Tidak ada alasan untuk menghilangkan hak seseorang untuk mencalonkan diri dalam bursa Pilkada,” tambahnya.

Sedangkan Mukti Agung Wibowo selepas sidang kepada sejumlah wartawan berujar dengan dikabulkannya gugatan di Panwaslu, dia merasa optimis akan lolos serta memenangi Pilkada Pemalang. Agung yang didampingi pasangan wakilnya Afiufudin juga berkeinginan proses sengketa akan berakhir di Panwaslu saja. Selanjutnya, dia akan berkonsentrasi untuk menghadapi Pilkada tgl 9 Desember 2015 yang akan datang.

Sedangkan Ketua KPU Pemalang, Abdul Hakim S.Hi dalam keterangan pers kepada wartawan di kantor KPU Pemalang menyatakan pihaknya menghargai keputusan hasil sidang di Panwaslu. Tapi , Hakim menjelaskan bahwa keputusan yang dibacakan oleh Ketua Panwaslu Pemalang, Heri Setiawan itu belum dapat secara langsung akan dijalankan oleh KPU.

“Semua ada tahapan serta mekanismenya. Selepas salinan keputusan kita diterima, nanti akan kita kaji melalui pleno. Pada dasarnya, kami (KPU) menghargai hasil persidangan,” ujar Hakim.

Bagi Hakim, dijalankan atau tak hasil keputusan persidangan masih tergantung hasil pleno serta akan dikonsultasikan apalagi dahulu dengan KPU Provinsi serta KPU Pusat.

“Dalam waktu dekat, kami akan melakukan rapat pleno perihal hasil keputusan Panwaslu. Kita lihat saja nanti bagaimana hasil pleno kami (KPU) serta hasil konsultasi dengan KPU Provinsi serta KPU Pusat,” tandas Hakim.

Hakim juga mengaskan bahwa keputusan hasil pleno, Hari Senin (24/8) lalu, yang menggugurkan pasangan Agung-Afifudin telah sesuai mekanisme. Karena bagi ia, verifikasi yang dilakukan KPU tak sendiri akan namun melibatkan banyak pihak yang tergabung dalam kelompok kerja (Pokja) dari berbagai instansi serta lembaga.

KPU menggugurkan pasangan balon Agung-Afifudin selepas menggelar rapat pleno penetapan calon, Hari Senin (24/8) lalu. Berdasarkan hasil verifikasi berkas administrasi pencalonan, pasangan Agung-Afifudin TMS. Syarat administarsi yang dianggap tak memenuhi syarat adalah masalah pajak SPT tahunan dari Afifudin di KPPP Kramat Jati, Jakarta Timur belum ada laporan SPT Tahunan, PPh, OP wajib pajak tahun 2014 semenjak 13 Agustus 2014.[ay]


KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Panwaslu Pemalang Kabulkan Gugatan Pasangan Calon Agung-Afifudin Rating: 5 Reviewed By: Dhani Habib AlHuda