Latest News
Friday, September 18, 2015

Masyarakat Diajak Awasi Pilkada Pemalang


SeputarPemalang.Com - Panitia pengawas (Panwas) Kabupaten Pemalang memasang ratusan spanduk serta baliho yang bertuliskan ajakan kepada masyarakat untuk mengawasi pemilihan kepala daerah (pilkada). 

Perihal itu dilakukan sebagai salah satu upaya Panwas untuk mencegah terjadinya kecurangan dalam proses pilkada yang akan dilaksanakan pada 9 Desember 2015 yang akan datang. 

Ketua Panwas, Hery Setyawan berujar, taktik yang digunakan oleh Panwas dalam pengawasan pilkada ada dua yakni pencegahan serta penindakan. Salah satu bentuk pencegahan yakni memasang spanduk serta baliho di berbagai tempat di seluruh wilayah Pemalang sampai tingkat desa. 

Khusus untuk pemasangan spanduk ada 222 spanduk yang dipasang di setiap desa, lainnya desa di tingkat kecamatan serta kabupaten juga dipasang.

Dalam spanduk tersebut berisikan tulisan ajakan pada masyarakat untuk berani melaporkan pada Panwas apabila ada pelanggaran yang terjadi. Lainnya itu juga ada ajakan untuk mengawasi jalannya proses Pilkada Pemalang, karena tak menutup bisa jadi terjadi pelanggaran.

”Untuk spanduk yang dipasang ada 222 lembar sesuai dengan jumlah desa di Pemalang. Untuk tingkat kecamatan ada satu spanduk serta satu baliho, sementara tingkat kecamatan lima baliho serta spanduk,” ujar Hery, sebagaimana dilasir Suara Merdeka kemarin.

Ditertibkan Ia menambahkan, sampai kini pelanggaran yang terjadi masih sifatnya administrasi sebagaimana pemasangan alat peraga kampanye yang tak sesuai aturan. Tapi pelanggaran tersebut telah dilakukan penertiban oleh pihak perihal dalam beberapa hari pamungkas.

Sementara untuk kasus sengketa telah terjadi serta selesai belum lama ini. Sengketa yang terjadi serta sudah diselesaikan Panwas yakni sengketa antara peserta pilkada atau calon dengan penyelenggara pilkada yakni Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pemalang. 

Adapun pelanggaran lainnya sampai kini ini belum ada, namun tak bisa jadi pelanggaran tentang kampanye potensial terjadi. ”Kini kami masih terus mengawasi jalannya kampanye yang dilakukan oleh semua pasangan,” ujar Hery.[SM-AYG]

KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Masyarakat Diajak Awasi Pilkada Pemalang Rating: 5 Reviewed By: Dhani Habib AlHuda