Latest News
Saturday, September 5, 2015

Lestarikan Ekosistem,10.000 Benih Ikan Ditebar di Sungai Comal


SeputarPemalang.Com - Guna meningkatkan produksi ikan serta melestarikan ekosistem Sungai Comal, Pemalang, siudah dilakukan penebaran ribuan benih ikan, kemarin. 

Dimana penebaran benih ikan dilakukan secara simbolis oleh Bupati Pemalang Junaedi pada daerah aliran Sungai Comal perbatasan Desa Sikasur, Kecamatan Belik dengan Desa/Kecamatan Randudongkal-Pemalang.

Jumlah benih yang ditebar ketika itu sebanyak 10.000 benih ikan nila hitam serta mujair. Dimana benih berasal dari Dinas Kelautan serta Perikanan (DKP) Kabupaten Pemalang.

Sementara acara tersebut diselenggarakan Persatuan Pemancing Randudongkal. Dikesempatan yang sama, Junaedi berujar, bahwa penebaran benih ikan tersebut adalah tindak lanjut dari usulan warga sekitar serta komunitas mancing mania di Randudongkal dengan tujuan untuk melestarikan ekosistem Sungai Comal. 


’’Usulan tersebut disampaikan ketika acara lomba memancing dalam rangka memperingati HUT Ke-70 RI pada 17 Agustus lalu. Kini kegiatan ini baru dapat direalisasikan,’’ terang Junaedi sebagaimana dilansir Suara Merdeka Sabtu Tgl 05/09/2015.

Sementara Kepala DKP Pemalang Muntohir berujar, bahwa setiap tahun pihaknya menebar benih ikan dengan jumlah sekitar 70.000 ekor. Sementara pada acara hari itu yang ditebar 10.000. Ikan nila hitam serta mujair memiliki kemampuan yang baik untuk berkembang di perairan yang tak begitu bagus.

Agar benih yang ditebar dapat berkembang menjadi besar diimbau kepada warga setempat untuk tak menangkap dengan alat yang merusak ekosistem. Ketua Persatuan Pemancing Randudongkal Imanudin berkeinginan, bahwa penebaran benih ikan bisa dilakukan rutin setiap tahun.

Bila suatu sungai dilakukan penebaran benih biasanya komunitas pemancing akan lebih intens menjaga sungai. Pasalnya kelestarian ekosistem sangat penting. Bila terus terjaga maka aktivitas memancing akan terus berlangsung.[ay/SM]

KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Lestarikan Ekosistem,10.000 Benih Ikan Ditebar di Sungai Comal Rating: 5 Reviewed By: Dhani Habib AlHuda