Latest News
Thursday, September 10, 2015

KPU Pemalang Konsultasi ke Pusat Tentang Sengketa Pilkada

KPU Pemalang Konsultasi ke Pusat Tentang Sengketa Pilkada

SeputarPemalang.Com - Pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pemalang akan berkonsultasi ke KPU RI perihal dengan keputusan hasil sidang sengketa yang mengabulkan permohonan pasangan Agung-Afifudin dan keduanya berhak mengikuti Pilkada Pemalang.

Konsultasi tersebut dilakukan untuk menentukan sikap serta langkah yang akan diambil oleh KPU Pemalang terhadap keputusan sidang sengketa itu. Ketua KPU Pemalang, Abdul Hakim, ketika ditemui di kantornya berujar, KPU Pemalang sudah menggelar rapat pleno yang dihadiri lima komisioner.

’’Pleno tersebut dilakukan untuk menanggapi hasil keputusan sengketa pilkada yang mengabulkan pasangan Agung-Afifudin masuk dalam bursa pilkada tahun 2015,’’kata Abdul Hakim seperti dilansir Suara Merdeka.

Salah satu hasil dari pleno, yakni KPU Pemalang akan melakukan konsultasi dengan KPU Jateng serta KPU RI. Konsultasi itu untuk mengeksekusi keputusan dari Panwas yang membatalkan keputusan KPU Pemalang perihal dengan penetapan calon kepala daerah. Langkah tersebut diambil agar dalam pelaksanaan pengambilan keputusan tak salah serta sesuai aturan berlaku.

Ada Penyesuaian Keputusan KPU Pemalang yang mencoret pasangan Agung- Afifudin sesuai aturan serta sudah dikonsultasikan ke KPU Jateng serta KPU RI.

”Kemarin kami sudah melaksanakan rapat pleno untuk menanggapi keputusan Panwas yang mengabulkan permohonan pasangan Agung-Afifudin untuk masuk dalam Pilkada 2105. Tapi untuk mengeksekusi putusan tersebut KPU Pemalang harus berkonsultasi dengan KPU Jateng serta KPU RI, agar langkah-langkah yang diambil sesuai dengan aturan,” terangnya, kemarin.

Ia berujar, apabila telah berkonsultasi serta memperoleh petunjuk dari KPU RI, diperkirakan tak butuh waktu lama untuk melaksanakan keputusan dari Panwas. Diperkirakan dalam hari Minggu ini telah ada keputusan dari KPU Pemalang untuk menerbitkan Surat Keputusan (SK) baru tentang penetapan pasangan calon peserta pemilihan bupati serta wakil bupati Pemalang.

Perihal dengan nomor urut pasangan pihaknya juga akan berkonsultasi dengan KPU RI. Sementara untuk tahapan pilkada masih berjalan sesuai rencana, namun ada sedikit penyesuaian dengan adanya keputusan itu.

”Sesuai dengan undang-undang yang berlaku penanggung jawab akhir dalam pilkada, yakni KPU RI. Untuk itu, kami selalu berkonsultasi dengan KPU Provinsi serta KPU RI,” katanya. [SM-AYG]



KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: KPU Pemalang Konsultasi ke Pusat Tentang Sengketa Pilkada Rating: 5 Reviewed By: asri yatno