Latest News
Thursday, September 10, 2015

KPU Pemalang Diminta Segera Laksanakan Rekomendasi Panwas

KPU Pemalang Diminta Segera Laksanakan Rekomendasi Panwas

SeputarPemalang.Com - Pihak Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jateng meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) segera melaksanakan keputusan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Pemalang yang mengabulkan, gugatan sengketa pemilu yang diajukan bakal pasangan calon Mukti Agung Wibowo-Afifudin.

Menurut Humas Bawaslu Jateng Teguh Purnomo hasil persidangan sengketa pemilu sudah jelas dengan dikabulkannya gugatan peserta pemilu. Jadi tidak ada tafsir lain tegasnya jika melihat peraturan perundang-undangan yang berlaku dimana KPU setempat harus melaksanakan hasil keputusan persidangan sengketa pemilu.

“Sesuai Undang-undang nomor 8 tahun 2015 pasal 25 dan Perbawaslu pasal 144, ada dua sengketa yaitu sengketa antara peserta pemilu atau pilkada dan sengketa antara peserta pemilu dan penyelenggara dalam hal ini KPU,” jelas Teguh sebagaimana dilansir Suara Merdeka, Rabu (9/9).

Pada dua peraturan tersebut lanjutnya, pihak yang kalah bisa mengajukan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN). Namun masih kata Teguh, pada 21 Mei 2015 Mahkamah Agung (MA) menyampaikan fatwa bernomor 115/TUAKA.TUN/ V/2015 yang isinya bahwa KPU tidak bisa mengajukan sengketa ke PTUN.

Teguh menyarankan, bahwa KPU setempat segera melaksanakan hasil sidang di Panwas Pemalang karena waktu dan tahapan Pilkada terus berjalan. Jangan sampai ada sambungnya, peserta pemilu yang dirugikan dan menimbulkan masalah di kemudian hari.

“Kalau ditunda-tunda peserta, KPU dan masyarakat rugi. Kalau yang bersangkutan ditetapkan sebagai peserta pemilu maka ada hal yang diperhatikan KPU yaitu alat peraga kampanye, logistik dan kampanye bisa segera dilaksanakan,” jelas Teguh yang ingin KPU setempat salah dalam mengambil sikap.[SM-ayg]

KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: KPU Pemalang Diminta Segera Laksanakan Rekomendasi Panwas Rating: 5 Reviewed By: asri yatno