Latest News
Monday, September 7, 2015

Hutan Lereng Gunung Slamet Kembali Terbakar

 Hutan Lereng Gunung Slamet Kembali Terbakar

SeputarPemalang.Com - Kemarau berkepanjangan membhaut hutan di kawasan Igir Klanceng lereng barat daya Gunung Slamet, Jawa Tengah, kembali terbakar selepas pada akhir Agustus dilanda peristiwa serupa.

"Kami memperoleh laporan bahwa hutan sebelah barat daya Gunung Slamet di sekitar Igir Klanceng pada ketinggian sekitar 2.400 mdpl (meter di atas permukaan laut) terbakar," ujar petugas Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Slamet Sukedi, sebagaimana dikutip Republika Ahad (6/9). 

Pihaknya sukar memantau kebakaran tersebut karena lainnya terhalang kabut, Igir Klanceng yang adalah perbatasan Kabupaten Tegal serta Brebes berada di sebelah barat daya Gunung Slamet, PPGA Slamet berlokasi di Desa Gambuhan, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang.

Ketika dihubungi dari Purwokerto, Asisten Perhutani Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Bumijawa Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Pekalongan Barat Marsono akui belum mengetahui secara pasti lokasi kebakaran tersebut.

"Kami belum tahu petak berapa yang terbakar serta masuk wilayah mana," katanya.

Tetapi demikian, ia memperkirakan lokasi kebakaran tersebut berada di atas lokasi kebakaran sebelumnya yang terjadi pada akhir bulan Agustus 2015. Bagi ia, sekitar 80 personel dari komunitas pecinta alam dari Guci, Kabupaten Tegal, sudah disiagakan semenjak Hari Sabtu (5/9) malam guna mengantisipasi bisa jadi kebakaran tersebut merambat sampai wilayah Bumijawa.

Dalam peluang terpisah, Asper BKPH Karangkobar KPH Banyumas Timur Taufik Hidayaturachman berujar kawasan hutan yang terbakar berada di wilayah Resor Pemangkuan Hutan (RPH) Batur pada petak 28 A, 28 E, serta 28 F dengan luasan sekitar 20 hektare.

Baginya, kebakaran tersebut pertama kali diketahui pada hari Hari Sabtu (5/9), sekitar pukul 12.20 WIB, serta bisa dipadamkan pada pukul 21.00 WIB atas kerja sama personel Perhutani dengan anggota Komando Rayon Militer Batur, Kepolisian Sektor Batur, serta masyarakat sekitar.

"Namun pada hari Hari Minggu (6/9), sekitar pukul 12.30 WIB, api kembali menyala," katanya.

Dia berujar bahwa upaya pemadaman harus dilakukan dengan hati-hati karena lokasi kebakaran sangat curam dengan kemiringan sampai 70 derajat. Bagi ia, kebakaran tersebut berada di lokasi yang sama dengan kejadian pada tahun 2011 serta adalah semak belukar.[ay]


KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Hutan Lereng Gunung Slamet Kembali Terbakar Rating: 5 Reviewed By: Dhani Habib AlHuda