Latest News
Friday, September 11, 2015

Hindari Kesalahan Hitung Pada Pilkades 2016, Pemkab Pemalang Akan Gunakan E-Voting

Hindari Kesalahan Hitung Pada Pilkades 2016, Pemkab Pemalang Akan Gunakan E-Voting

SeputarPemalang.Com - Guna menghindari kesalahan penghitungan dalam pelaksanaan pilkades Tahun 2016, yang biasa terjadi dalam penghitungan manual, maka Pemerintah Kabupaten Pemalang dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Tahun 2016 akan menggunakan E-Voting.

Penggunaan alat elektronik (E-Voting) untuk pilkades Tahun 2016 telah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015 serta Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2015. Dan untuk menggunakan e-voting ini Pemerintah Kabupaten Pemalang akan bekerja sama dengan BPPT (Badan Pengkajian serta Penerapan Tekhnologi) Republik Indonesia.

Proses penandatanganan dilakukan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Pemalang Drs. Budhi Rahardjo MM mewakili Bupati Pemalang H. Junaedi, SH, MM. dengan BPPT pada Hari Selasa (8/9/2015) di Kantor BPPT Republik Indonesia Jalan MH. Tamrin Jakarta pada acara Dialog Nasional Inovasi TIK dengan tema “Meraih e-Nawacita dengan Pelayanan Publik Elektronik yang Inovatif dan Bermutu untuk Pemerintahan dan Demokrasi".

Bagi Sekretaris Daerah Kabupaten Pemalang, bahwa dengan diadakannya kerjasama ini diharapkan penyelenggaraan Pilkades 2016 akan berjalan dengan baik tanpa gangguan serta kesalahan hitung. Untuk tahun 2016 Kabupaten Pemalang akan menerapkan One Day Service dengan catatan semua syarat telah terpenuhi.

Pemerintah Kabupaten Pemalang melalui Dinas Perhubungan, Komunikasi serta Informatika Kabupaten Pemalang sudah menyediakan peralatan e-voting sebanyak 50 unit serta akan diujicobakan sebanyak enam unit.

Kerjasama ini dimaksudkan untuk saling membantu dalam pelaksanaan pengkajian, penerapan serta pemasyarakatan bidang teknologi informasi e-voting pemilihan kepala desa serta bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kedua belah pihak dalam mengemban fungsi serta misinya masing-masing pada bidang teknologi untuk mendukung pembangunan daerah Kabupaten Pemalang.

Bentuk kerjasama ini adalah Kabupaten Pemalang berhak mendapat data yang akurat Perihal penerapan teknologi e-voting, layanan teknologi e-voting serta mendapatkan pendidikan serta serta pelatihan Perihal teknologi e-voting.

E-voting telah dilaksanakan secara nasional karena memudahkan pemilih, akurasi dalam penghitungan serta efektif dalam penyelenggaraan. Lainnya itu akan ikut membangun tata kelola pemerintahan yang bersih serta efektif, serta membina masyarakat untuk tertib serta jujur.[pemda]

KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Hindari Kesalahan Hitung Pada Pilkades 2016, Pemkab Pemalang Akan Gunakan E-Voting Rating: 5 Reviewed By: asri yatno