Latest News
Wednesday, September 30, 2015

Debit Air Bendung Sungapan Pemalang Mulai Menyusut

Debit Air Bendung Sungapan Pemalang Mulai Menyusut

SeputarPemalang.Com - Debit air Bendung Sungapan di Kabupaten Pemalang kini tinggal 1.500 liter/detik. Dengan debit air yang terus menyusut itu, bendung tersebut tak mampu mengairi semua sawah yang menjadi tanggung jawabnya sebagaimana saat debit air normal. 

Penjaga bendung, Edi berujar, penyusutan debit air Bendung Sungapan hingga di bawah normal ini telah berlangsung selama tiga bulan. 

”Debit air 1.500 liter/detik ini terjadi telah semenjak tiga bulan yang lalu yakni selama musim kemarau,” ujar Edi, sebagaimana diberitakan Suara Merdeka Hari Selasa (29/9). 

Turun Hujan Di sisi lain, musim tanam Oktober-Maret belum diawali. Tapi ada beberapa petak sawah yang berada di saluran sekunder barat Bendung Sungapan telah mulai tanam. 

”Untuk saluran sekunder barat memang digunakan bagi injeksi tanaman tebu milik PG Sumberharjo,” katanya.

PG Sumberharjo setiap harinya membutuhkan air dari bendung tersebut dengan kapasitas sekitar 300 liter/detik. Dengan debit air yang hanya 1.500 liter/detik, maka injeksi tak terganggu.

Adapun saluran timur bendung kondisinya jauh berbeda yaitu menyusut. Semua air dari Sungai Waluh dialirkan ke sekunder barat. Bendung Sungapan ini dibangun untuk mengairi sawah seluas lebih kurang 7.000 hektare.

Disaat musim penghujan debit airnya dapat 12.000 liter/detik. Bendung mengalami susut hanya pada ketika musim kemarau. Bagi Edi, keadaan bendung kini akan kembali normal dalam waktu yang tak lama lagi karna di daerah selatan Pemalang telah mulai turun hujan kendati dengan intensitas yang ringan.[SM-ayg]


KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Debit Air Bendung Sungapan Pemalang Mulai Menyusut Rating: 5 Reviewed By: Dhani Habib AlHuda