Latest News
Sunday, August 16, 2015

Warga Lereng Gunung Slamet Pemalang Gelar Ritual Pencucian Bendera Merah Putih Raksasa


SeputarPemalang.Com - Menjelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-70 Republik Indonesia, sejumlah warga di lereng Gunung Slamet yang berasal dari Desa Karangsari, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, melakukan kegiatan ritual pencucian bendera raksasa di Sungai Paingan, sungai yang dianggap keramat di desa setempat.

Sebagaimana dilansir Elshinta Minggu (16/8) bendera raksasa tersebut memiliki panjang sekitar 60 meter dan lebar tiga meter dan karena ukurannya yang sangat panjang, maka pencucian dilakukan oleh sekitar 30 orang.

Rencananya, usai pelaksanaan upacara 17 Agustus besok, bendera raksasa tersebut akan diarak keliling desa dan dibentangkan di bukit tangkuban yang ada di Desa Nyalembeng, Kecamatan Pulosari.

Kegiatan pencucian bendera Merah Putih raksasa yang dilakukan oleh komunitas "I Love Pemalang" ini bertujuan agar bendera tersebut bersih dan suci sebelum dikibarkan, karena bendera Merah Putih merupakan lambang kebesaran dan kedaulatan bangsa Indonesia. Hal ini juga untuk meneguhkan dan menumbuhkan rasa patriotisme warga pemalang, khususnya generasi muda sebagai penerus bangsa.

Salah seorang koordinator kegiatan, Hindarto mengatakan, kegiatan pembentangan bendera raksasa ini merupakan kegiatan yang pertama kalinya dilakukan oleh warga lereng Gunung Slamet.

Nantinya sebanyak 60 orang akan dilibatkan untuk mengarak bendera sepanjang 60 meter dan lebar tiga meter ini. Arak-arakan bendera dimulai dari lapangan Kecamatan Pulosari, tempat dimana upacara dilaksanakan kemudian dilanjutkan melalui jalan-jalan utama penghubung desa hingga ke bukit tangkuban.

Hindarto mengatakan, pelaksanaan kegiatan pembentangan bendera Merah Putih ini merupakan bentuk kekompakan warga Pemalang, khususnya para pemuda dalam memaknai Kemerdekaan RI. Rencananya kegiatan kreatif ini akan dijadikan sebagai kegiatan tahunan, dan direncanakan pada tahun berikutnya bendera yang akan dibentangkan ukurannya lebih besar dibandingkan saat ini.[Elshinta]

KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Warga Lereng Gunung Slamet Pemalang Gelar Ritual Pencucian Bendera Merah Putih Raksasa Rating: 5 Reviewed By: asri yatno