Latest News
Thursday, August 27, 2015

Tol Pemalang - Batang Akan Ditender Ulang

Tol Pemalang-Batang Akan Ditender Ulang

SeputarPemalang.Com - Pemerintah Pusat mulai meragukan keseriusan investor pemenang lelang jalan tol Pemalang-Batang. Jika dalam dua bulan tidak ada kejelasan, ruas tol yang menjadi bagian Tol Trans Jawa ini akan ditender ulang.

Dirjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum Herdiyanto W Husaini menjelaskan, pihaknya sudah memberikan peringatan pada investor lantaran selama ini proyek terbengkalai.

Sejauh ini, masih sampai tahap pembebasan lahan. Jika tidak dikebut, maka akan terlambat jika dibanding ruas jalan tol lainnya. Data per April 2015 menyebutkan pembebasan lahan hanya 1,86% dari total panjang 39 km.

”Katanya (investor) akan memutuskan kerja sama dengan Malaysia dulu untuk melanjutkan tol Pemalang-Batang. Kami beri waktu dua bulan. Jika kelamaan, diberikan pada orang lain saja,” kata Herdiyanto, kemarin.

Jika memang investor tidak bisa memenuhi kewajiban, maka tender ulang tol Pemalang-Batang akan dibarengkan dengan tol Batang-Semarang yang pembebasan lahannya hampir selesai. Panjang ruas tol Batang-Semarang 75 km.

Tiga Bulan

Proses tender akan memakan waktu tiga bulan dan diharapkan selesai Desember 2015. Di waktu bersamaan, pemerintah akan menyelesaikan dari sisi pembebeasan lahannya. Untuk pengerjaan, maksimal dua tahun.

Untuk Tol Trans Jawa ruas Semarang-Solo di semua seksi ditargetkan selesai dan bisa difungsikan sebelum lebaran 2016. Pembangunan jalan tol Semarang-Solo seksi III (Bawen- Salatiga) sepanjang 17,3 km telah dimulai Juli lalu.

Pembangunan dijadwalkan sampai 13 bulan ke depan, namun PT Trans Marga Jateng (PT TMJ) yakin bisa memenuhi target pemerintah, selesai sebelum lebaran.

Ruas Bawen-Salatiga ini merupakan kelanjutan dari seksi sebelumnya yaitu Seksi I Ruas Semarang-Ungaran 11,3 km yang telah dioperasikan sejak 17 November 2011, dan Seksi II Ruas Ungaran-Bawen 12 km yang telah dioperasikan sejak 4 April 2014. Namun, pembebasan lahan di dua ruas lainnya cukup lambat.

Data per Juli 2015, ruas tol Salatiga-Boyolali sepanjang 24,5 km, pembebasan baru mencapai 46,93% dan Boyolali-Kartasura sepanjang 7,74 km baru terbebaskan 40%.

Sementara untuk ruas Solo- Ngawi sepanjang 90 km diharapkan bisa difungsikan pada lebaran 2016, meski kondisinya belum selesai seratus persen. ”Kondisinya seperti Brebes, kemarin. Kalau pembangunan jalan tol ini bisa cepat, maka kapasitas jalan bisa dua kali lipat,” terangnya. [suara merdeka]


KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Tol Pemalang - Batang Akan Ditender Ulang Rating: 5 Reviewed By: asri yatno