Latest News
Sunday, August 16, 2015

Status Waspada, Puluhan Pendaki Nekat Naik ke Gunung Slamet

Status Waspada, Puluhan Pendaki Nekat Naik ke Gunung Slamet

SeputarPemalang.Com - Sekitar 18 orang pendaki asal Pemalang tetap nekat melakukan pendakian melalui pintu pendakian dari Desa Jurangmangu, Kecamatan Pulosari Pemalang. Meski ada larangan beraktivitas di dekat gunung dalam radius dua kilometer menyusul adanya gas beracun yang keluar dari kawah.

Sebagamana dilansir Elshinta Minggu (16/8) melaporkan, para pendaki ini melakukan pendakian untuk memeriahkan perayaan menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekan ke-70 Republik Indonesia.

Salah satu petugas pos pengamatan Gunung Slamet di Gambuhan Pulosari Pemalang, Sukedi mengatakan, pihaknya selalu memberikan himbauan kepada para pendaki agar selalu memperhatikan rekomendasi dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), terkait dengan kegiatan pendakian.

Pasalnya saat ini status Gunung Slamet masih waspada dan aktivitas masih sangat tinggi dan kemungkinan masih selalu terjadi, sehingga dikeluarkan larangan untuk tidak melakukan aktivitas apapun dalam radius dua kilometer dari puncak Gunung Slamet.

Lanjut Sukedi, sampai saat ini masih terjadi gempa -gempa hembusan yang membawa gas beracun dan sangat berbahaya jika dihirup oleh pendaki, dan letusan juga masih berpotensi terjadi dalam status waspada Gunung Slamet, oleh karenanya ia meminta kepada warga untuk menunda aktivitas pendakian sampai kondisi Gunung Slamet statusnya menjadi normal.

Sukedi menambahkan, saat ini pihaknya tidak dapat memantau satu persatu kegiatan pendakian yang dilakukan oleh para pendaki, karena pintu pendakian menuju puncak Gunung Slamet ada di beberapa titik.

Apabila pintu pendakian tersebut terdapat petugas, maka masih dapat dilarang dan dihimbau untuk tidak naik ke puncak, namun di wilayah Pemalang dan Tegal masih sendiri, terdapat jalur pendakian yang tidak ada petugas atau pengawasan, jalur ini adalah jalur yang digunakan oleh warga sekitar untuk melakukan kegiatan pertanian.[Elshinta]


KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Status Waspada, Puluhan Pendaki Nekat Naik ke Gunung Slamet Rating: 5 Reviewed By: asri yatno