Latest News
Tuesday, August 25, 2015

Program “Intan Berkilau” Pemalang Serahkan 1.525 Sertifikat Tanah


SeputarPemalang.Com - Sebanyak 1.525 bidang sertifikat tanah diserahkan kepada hak miliknya dalam acara peluncuran Inovasi Layanan Unggulan (Intan Berkilau) Kantor pertanahan Pemalang Senin (24/8) pagi.

Penyerahan dilakukan Bupati Pemalang Junaedi secara simbolis didampingi Kepala Kantor Pertanahan Pemalang Deni Santo, Kabid Hak Tanah dan Pendaftaran Tanah (HTPT) Jateng Lukman Hakim dan undangan lainnya. 

Sertifikat yang diserahkan jenis Prona, Proda, MBR, wakaf dan aset pemerintah. Bupati mengatakan, masalah yang kompleks sementara ini di masyarakat adalah mengenai pertanahan.

Masalah tanah menjadi sumber potensi konflik baik antarmasyarakat maupun masyarakat dengan pemerintah. Sementara masyarakat menganggap, mengurus sertifikat itu berbelit-belit, membutuhkan waktu lama dan biaya mahal. 

Namun dengan adanya terobosan yang jitu dari Kantor Pertanahan Pemalang, semua persoalan itu kini sudah tidak ada lagi di Pemalang. Layanan 70-70 

”Budayakan pelayanan kepada masyarakat yang mudah dengan sikap yang ramah dalam pelayanan,” kata Junaedi yang hari itu menandai peluncuran program dengan pelepasan balon berhadiah.

Kepala Kantor Pertanahan Pemalang Deni Santo mengatakan, kini dilaksanakan inovasi pelayanan baru atau kebijakan layanan 70-70. Ditekankan pada percepatan dan kemudahan proses pelayanan. Dari uji coba sejak 1 Juni 2015 Pemalang bisa menyelesaikan pengecekan sertifikat sebanyak 233 permohonan dalam waktu 70 menit.

Kemudian untuk 18 permohonan peningkatan HGB ke HM dapat diselesaikan 7 jam, penghapusan HT (Roya) sebanyak 1 pemohon dalam waktu 7 jam, peralihan hak (karena jual beli) sebanyak 127 permohonan dalam waktu 70 jam dan pendaftaran hak tanggungan sebanyak 628 permohonan dalam waktu 7 hari kalender.

Selain inovasi tersebut, juga dilaksanakan inovasi pertanahan berikan ketersediaan informasi layanan umum (Intan Berkilau). Ditekankan pada teknik/cara melayani di front office.

Serta kecepatan penyelesaian layanan dibanding standar operating prosedure (SOP). Dengan inovasi itu dapat diselesaikan cekplot bidang tanah sebanyak 759 pemohon dalam waktu 7 menit, informasi nilai tanah 1.198 pemohon dalam waktu 7 menit, informasi kesesuaian tata ruang sebanyak 59 pemohon dalam waktu 7 menit, pemetaan tematik untuk tapak kapling 160 pemohon dalam waktu 70 menit dan 28 pemohon pertimbangan teknis pertanahan dalam waktu 7 hari.[suaramerdeka]

KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Program “Intan Berkilau” Pemalang Serahkan 1.525 Sertifikat Tanah Rating: 5 Reviewed By: asri yatno