Latest News
Tuesday, August 11, 2015

Panwaslu Surati Bupati Pemalang Terkait Netralitas PNS


SeputarPemalang.Com - Panitia pengawas pemilu (panwaslu) Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah surati Bupati Pemalang, Junaedi, agar segera mengeluarkan surat edaran atau surat keputusan terkait dengan netralitas pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan pemda Pemalang.

Ketua Panwaslu Kabupaten Pemalang, Heri Setyawan mengatakan, pihaknya telah mengeluarkan surat yang ditujukan kepada Bupati Pemalang terkait dengan netralitas PNS.

Menurutnya, surat yang ditujukan kepada Bupati Pemalang itu karena saat ini telah ditemukan dugaan indikasi pelanggaran PNS yang tidak netral.

Lanjut Heri, surat yang ditujukan kepada bupati tersebut bertujuan agar bupati mengeluarkan surat keputusan dan mengimbau kepada seluruh PNS, kepala desa dan perangkat desa untuk berlaku netral dalam menghadapi pemilihan bupati dan wakil bupati Pemalang dalam pilkada serentak Desember mendatang.

Dan ketika ditanya mengenai landasan hukum mengenai surat yang dikirim kepada bupati Pemalang, Heri menjelaskan hal tersebut berdasarkan undang-undang aparatur sipil negara (UU ASN), undang-undang desa dan surat edaran dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara yang mengatur dengan jelas tentang netralitas PNS.

Heri menegaskan dalam pemilihan bupati dan wakil bupati pada Desember mendatang, baik PNS, kepala desa dan perangkatnya tidak boleh turut serta dalam kampanye. Dan apabila ditemukan keterlibatan PNS, kepala desa dan perangkatnya melakukan kampanye, maka Panwaslu akan menindaklanjuti kasus tersebut yang kemudian akan diteruskan keranah hukum.

Sementara itu, untuk Kabupaten Pemalang sendiri, terdapat tiga pasangan bakal calon yang mendaftar sebagai calon kepala daerah, dimana ada dua calon incumbent yang bersaing untuk merebutkan jabatan sebagai bupati dan wakil bupati Pemalang, mereka adalah Bupati Pemalang, Junaedi berpasangan dengan Martono yang diusung dari partai PDIP dan wakil bupati Pemalang, Mukti Agung Wibowo berpasangan dengan Afifudin yang diusung dari partai Hanura, PKS dan PAN.

Sehingga dengan adanya dua calon incumbent yang bersaing inilah maka sangat rawan gesekan, terutama di lingkungan PNS. Maka atas dasar inilah panwaslu menyurati bupati Pemalang agar segera mengeluarkan surat keputusan terkait netralitas PNS.[Elshita]


KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Panwaslu Surati Bupati Pemalang Terkait Netralitas PNS Rating: 5 Reviewed By: asri yatno