Latest News
Thursday, August 27, 2015

Manfaat Air Hangat Bagi Kesehatan


SeputarPemalang.Com - Air hangat, begitu akrab kata itu di telinga kita. Air hangat yang cara membuatnya begitu praktis dan sangat mudah yaitu air mentah di tuangkan ke panci kemudian di tungku beberapa menit yaitu sekitar 30 menit sudah jadi air hangat. Nah mudahkan ? Apalagi sekarang masak airnya pakai gas begitu cepat matangnya. Dari mudah dan praktisnya membuat air hangat ternyata tersimpan banyak khasiat. 

Dalam konteks ini penulis mencoba menelisik apa – apa khasiat yang ada di dalam kandungan air hangat. Untuk itu penulis membaginya ke dalam dua kategori. Yang pertama air hangat yang di jadikan minum artinya air hangat yang di pakai buat minum. Dan yang kedua air hangat yang di jadikan mandi artinya air hangat yang di pakai untuk mandi.

Adapun yang pertama air hangat yang di jadikan minum artinya air hangat yang di pakai buat minum. Hal ini tidaklah asing buat kita karena hampir setiap hari kita pasti minum air hangat tapi kalau istilah para tukang becak lebih di kenal yaitu dengan istilah “ teh anget “. 

Teh anget itu, air hangat yang di kasih teh kadang di campur juga dengan gula. Makanya ada istilah teh anget tawar atau teh tawar dan teh anget manis atau teh manis. Teh tawar itu air hangat yang cuma di kasih teh sedangkan teh manis yaitu air hangat yang di campur teh dan gula.

Kata tukang becak teh anget enake pool.  Mending medang dari pada makan. Artinya tukang becak kalau di sodori dua pilihan antara makan dan minum biasanya lebih dominan suka medang apalagi medang teh angetnya sama singkong rebus dan gula jawa maknyooos enake.

Khasiat Minum Air Hangat

Berikut ini beberapa khasiat air hangat yang di jadikan minum. Menurut laman http://bidanku.com bahwa air hangat yang di jadikan minum entah itu air putih hangat atau air teh hangat begitu banyak khasiat untuk kesehatan kita yaitu di antaranya :

Membersihkan Tubuh.
Khasiat pertama yang bisa diperoleh dari kebiasaan mengkonsumsi air hangat adalah dapat membersihkan tubuh, salah satunya adalah membersihkan masalah system pencernaan. Hal tersebut bisa diobati dengan rutin mengkonsumsi air hangat. Jika anda kurang suka dengan rasa tawar dari air putih, anda bisa mengkombinasikan dengan madu dan lemon.

Baik untuk Tenggorokan.
Terkadang mengkonsumsi aing dingin secara tiba-tiba akan menimbulkan rasa sakit pada tenggorokan anda. Untuk itu, anda bisa meminimalisisr rasa sakitnya dengan mengkonsumsi air hangat terlebih dahulu.

Dapat digunakan untuk Menenangkan Pikiran.
Khasiat air putih untuk kesehatan selanjutnya, ternyata berkhasiat untuk psikologis yakni dengan rutin mengkonsumsi air hangat maka anda akan merasa lebih tenang dan nyaman, terutama ketika meminumnya di pagi hari. Oleh karena itu, konsumsi air hangat amat dianjurkan untuk diminum saat anda merasa lelah karena aktivitas seharian.

Mengontrol Berat Badan.
Bagi anda yang sedang menjalankan program penurunan berat badan, tidak ada salahnya mengkonsumsi air hangat, konsumsi aing hangat yang baik adalah dipagi hari sebelum melakukan aktivitas. Air panas atau hangat mampu merusak timbunan lemak pada tubuh serta membantu menurunkan berat badan.

Merangsang Pergerakan Usus.
Dengan konsumsi air hangat saat perut masih kosong dipagi hari dapat meningkatkan pergerakan usus dan menyembuhkan sembelit. Hal tersebut disebabkan karena air hangat mampu memecah partikel makanan yang masuk dan melewatinya melalui usus.

Memperbaiki Proses Pencernaan.
Air hangat  amat berkhasiat untuk kesehatan pencernaan karena air hangat dapat membantu penyerapan nutrisi secara maksimal dari makanan yang anda konsumsi. Untuk itu, tidak ada salahnya jika mulai rutin mengkonsumsi air hangat, agar proses pencernaan anda tetap terjaga dengan baik.

Membuat  Wajah Terlihat Lebih Cantik.
Karena salah satu khasiat air hangat adalah menghilangkan sebagian besar racun dalam tubuh anda, makan hal tersebut juga akan berdampak pada kecantikan wajah anda. Wajah anda akan terlihat lebih bersih, cantik dan berseri-seri.



20 khasiat minum air hangat bagi kesehatan sebagaimana dilansir laman khasiat.co.id yaitu :
1. Membuat Berat Badan Menurun.
2. Meredam Rasa Gatal Di Tenggorokan.
3. Melegakan Hidung Dan Tenggorokan.
4. Detok Alami.
5. Membantu Pergerakan Usus.
6. Membuat Pencernaan Menjadi Lancar.
7. Meringankan Nyeri Perut Akibat Menstruasi.
8. Melancarkan Peradaran Darah.
9. Menciptakan Sistem Syaraf Yang Sehat.
10. Meredakan Kaki Kram.
11. Menenangkan Dan Menghilangkan Stress.
12. Menghilangkan Kantuk.
13. Membangkitkan Semangat.
14. Menepis Rasa Dingin.
15. Membuat Tidur Berkualitas.
16. Menyehatkan.
17. Menghilangkan Mual.
18. Meredakan Sakik Gigi.
19. Menghilangkan Bau Mulut.
20. Menghilangkan Lemak.

Khasiat Mandi Air Hangat 

Di bawah ini adalah khasiat air hangat yang di jadikan mandi artinya air hangat yang di pakai untuk mandi. Istilah Mandi air hangat kalau di kalangan masyarakat kita di Kab.Brebes lebih di kenal dengan istilah “ adus go banyu anget “ artinya mandi pakai air hangat. 

Menurut laman http://kabarimbo.com bahwa mandi saat hari sudah malam sebenarnya tidak ada masalah, asalkan mandinya menggunakan air hangat. Karena mandi menggunakan air hangat saat malam hari ternyata juga memiliki efek baik untuk kesehatan.

Seperti dilansir oleh laman naturopathycure.com, mandi air hangat bisa membersihkan pori-pori kulit yang tersumbat kotoran setelah melakukan aktivitas di siang hari. Agar tidak hanya sekedar untuk membersihkan kulit, namun juga bisa memberikan kesegaran pada tubuh, ada baiknya mencampurkan air perasan lemon dalam air hangat yang digunakan untuk mandi.

Berikut adalah beberapa khasiat mandi dengan air hangat saat malam hari, selain untuk membersihkan kulit:
  1. Karena badan jadi lebih segar dan nyaman, maka mandi dengan air hangat sebelum tidur bisa membantu membuat Anda tidur lebih nyenyak. 
  2. Aktivitas mandi air hangat ini bisa membuat kulit tubuh terlindungi dari masalah kulit, akibat dari kotoran yang menempel dari paparan debu dan polusi saat beraktivitas di siang hari.
  3. Mandi dengan air hangat bisa membantu melancarkan sirkulasi darah dan mengurangi rasa lelah setelah melakukan aktivitas seharian. Karena mandi air hangat bisa membuat otot dan persendian menjadi lebih relaks.
  4. Karena mandi air hangat bisa menaikkan suhu tubuh, makan mandi dengan air hangat bisa membantu mengurangi rasa kedinginan pada tubuh.
  5. Selain itu, berendam di air hangat juga bisa mengurangi stress dan membuat fikiran jadi lebih relaks.
Beberapa hal yang harus diperhatikan tentang mandi dengan air hangat saat malam hari yaitu jangan terlalu sering mandi larut malam, maksimal 2 kali dalam seminggu masih diperbolehkan. Kemudian untuk menghindari timbulnya efek buruk bagi kesehatan, jangan mandi 1 jam sebelum atau setelah makan.

Adapun menurut laman http://intips-kesehatan.blogspot.com bahwa mandi setelah beraktivitas seharian membuat tubuh kembali segar. Mandi juga membuat tubuh kita sehat dan menghilangkan semua kotoran yang melekat. Sehingga, jikalau kita tidak mandi sehari saja, seakan terasa gatal-gatal seluruh tubuh kita. 

Beberapa khasiat mandi dengan air hangat

Awet Muda.
Dengan mandi air hangat, maka pori-pori pada kulit kita akan terbuka sehingga kulit kita tampak segar dan tidak kering. 

Mencegah Sakit Ringan.
Dengan mandi air hangat, dapat meredakan penyakit batuk yang sedang menyerang kita. Ini dikarenakan dengan menghirup uang panas yang berasal dari air hangat tersebut mampu menghilangkan phlegm, yang merupakan penyebab iritasi pada tenggorokan kita. 

Terhindar Dari Migrain.
Dengan mandi air hangat, dapat memperlancar peredaran darah kita, yang mana salah satunya peredaran darah yang menuju keotak kita. Sehingga kita terhindari dari terserang migrain 

Meredakan Stres. 
Dengan mandi air hangat, dapat membantu menghilangkan rasa stress yang melanda pikiran kita yang sudah dipenuhi oleh segudang masalah yang ada.  

Berkhasiat Bagi Penderita Diabetes.
Dengan mandi air hangat, dapat meringankan penderita diabetes. Ini dikarenakan, dengan mandi air hangat atau berendam selama setengah jam mampu menurunkan tingkat gula darah yang ada bagi penderita diabetes. 

Menyehatkan Organ Jantung.
Dengan mandi air hangat, dipercaya mampu memperbaiki kesehatan organ jantung kita.

Tidur Berkualitas.
Dengan mandi air hangat, membuat istirahat atau tidur kita akan lebih pulas. Sehingga ketika bangun, tubuh kembali ke performa terbaiknya.  



Sedangkan menurut laman http://dinkes.jogjaprov.go.id bahwa khasiat mandi air hangat adalah sebagai berikut :

Sembuhkan Batuk.
Menghirup uap panas selama 10-15 menit bisa membantu kita menghilangkan phlegm, yang menyebabkan iritasi pada tenggorokan dan membuat kita batuk. Makanya, mandi air panas bisa membantu menyembuhkan batuk.

Hilangkan Stres dan Insomnia.
Mandi air panas membuat kita merasa santai, meringankan sakit dan tegang pada otot dan memperlancar peredaraan darah. Makanya, mandi air panas bisa membantu menghilangkan stres dan membuat kita tidur lebih mudah.

Obati Migrain.
Penyebab kita sakit kepala atau migrain adalah karena peredaran darah ke kepala kurang lancar. Karena air panas bisa membuat peredaran darah kita lancar, secara otomatis juga bisa mengurangi sakit kepala kita.

Membantu Menghindari Kulit Kering.
Kalau cuaca dingin, kulit kita sering banget jadi kering dan pecah-pecah. Untuk menghilangkan itu, kita biasanya menggunakan pelembab atau pun body lotion. Tapi, sebaiknya sebelum itu, kita mandi air panas dulu, karena akan membuka pori-pori kulit dan memaksimalkan kerja pelembab atau body lotion.

Mengeluarkan Racun.
Mandi dengan air bersuhu antara 32-35 Celcius dapat membuka pori pori yang dapat membantu mengeluarkan Racun Toksin dalam tubuh.

Dapat Menyembuhkan Sakit Otot / Pegal.
Merendam kaki ke dalam air panas dapat membantu menyembuhkan dari selesma, sakit kepala dan membantu menyegarkan kembali kaki yang lelah. Masukkan air panas secukupnya sehingga melewati pergelangan kaki. Tambahkan beberapa tetes minyak seperti minyak lavender, peppermint atau lemon. Bilas dengan air dingin. Lakukan terapi ini selama 10-20 menit.

Efek Panas Menyebabkan Pelebaran Pembuluh Darah.
meningkatkan sirkulasi darah dan oksigenisasi jaringan, sehingga mencegah kekakuan otot, menghilangkan rasa nyeri serta menenangkan pikiran. Cipratan airnya pada tubuh pun akan terasa seperti pijatan, sehingga tubuh akan merasa lebih relaks.

Para pakar pengobatan alternatif bahkan menyatakan, bersentuhan dengan air mancur, berjalan-jalan di sekitar air terjun, atau sungai dan taman dengan banyak pancuran, Akan memperoleh khasiat ion-ion negatif. Dimana ion-ion negatif yang timbul karena butiran-butiran air yang berbenturan itu bisa meredakan rasa sakit, menetralkan racun, memerangi penyakit, serta membantu menyerap oksigen.

Tips Aman Mandi Air Hangat.

  1. Air yang digunakan Jangan Terlalu Panas.Suhu air hangat yang dipakai berkisar 40-50 derajat celcius.
  2. Cek air mandi apakah tidak terlalu panas.Caranya celupkan telapak tangan dan rasakan apakah kulit terbakar atau tidak.Jika kulit terasa nyaman berarti hangatnya sudah cukup.
  3. Sebelum menggunakan air hangat,mulailah dengan air dingin terlebih dahulu sedikit demi sedikit Kemudian baru disiram dengan air hangat. Hal ini dilakukan agar tubuh dapat beradaptasi dengan suhu yang ada.
  4. Jangan Dilakukan Setiap Hari.Karena dapat mengurangi kelembaban kulit akibat lapisan minyak yang mencair terkena air hangat.
Begitulah banyaknya khasiat yang di peroleh dari memasak air hangat atau air pancuran hangat yang di buat mandi atau untuk minum.

Mari jangan sia-siakan air hangat yang sangat mudah dan praktis di buat ini untuk menjaga kesehatan badan kita. Agar badan yang kita manfaatkan untuk aktivitas yang melelahkan ini dapat fresh kembali. AIR HANGAT MEMANG OKE !!!

Referensi
http://intips-kesehatan.blogspot.com
http://sehatkancantik.blogspot.com
http://naturopathycure.com
http://dinkes.jogjaprov.go.id
http://lifestyle.autada.com
http://kabarimbo.com
http://khasiat.co.id
http://bidanku.com



Ust. Hadi Mulyanto, S.Pd.I., M.Pd.I adalah Alumnus S2 UNWAHAS Semarang asal Jatibarang Brebes.

KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Manfaat Air Hangat Bagi Kesehatan Rating: 5 Reviewed By: asri yatno