Latest News
Sunday, August 16, 2015

Lari Pagi, Mudah, Murah Meriah, Menyehatkan Badan

Lari Pagi, Mudah, Murah Meriah, Menyehatkan Badan

SeputarPemalang.ComKalau kita lihat di pagi hari di komplek Islamic Center Brebes dan alun-alun Brebes banyak orang-orang melalukan aktifitas lari pagi. Lari pagi di Brebes memang tidak sebanyak yang ada kota Tegal kaya yang kita lihat di alun-alun kota Tegal, apalagi kalau hari Minggu pagi.

Namun hal ini bahwa di Brebes pun sebenarnya sudah bergeliat bahwa ada sebagaian masyarakatnya yang memang sudah paham betul manfaat dari lari pagi. Kalau di pedesaan – pedesaan wilayah di Kab.Brebes memang lari pagi sangat minim. Dimungkinkan sebagaian masyarakat yang berprofesi petani khususnya petani bawang bisa jadi hal ini di alihkan ke kegiatan "nyiram bawang".

Sebab kalau kita telisik persoalan ini memang waktu menyiram bawang hampir bersamaan dengan waktu lari pagi. Jadi tidak heran kalau orang-orang petani bawang itu setelah habis subuh langsung bawa "timba" kemudian ke sawah untuk menyirami bawangnya. Pantas kemudian kalau petani bawang itu sehat-sehat, dikarenankan setelah shubuh langsung ke sawah menghirup udara segar.

Arti Lari Pagi

Mari kita kembali ke arti dari lari pagi. Bahwa Lari Pagi adalah salah satu dari sekian jenis kegiatan olahraga yang sangat ringan,murah dan banyak manfaatnya yang di laksanakan di pagi hari. 

Kenapa lari pagi dikatakan olahraga yang ringan,mudah dan murah meriah ? Karena lari pagi itu  bisa di lakukan sendirian,di sekitar rumah juga boleh,dimanapun juga bisa dan praktis tidak membutuhkan biaya. Coba kalau kita bandingkan dengan olahraga futsal pasti butuh lapangan, bola dan lawan maen.

Seperti halnya olahraga badminton yang butuh shuttlecock , lapangan dan lawan bermaen. Namun lari pagi sama sekali tidak butuh semua itu cukup kita sendirian lari-lari.Mudah dan murah bukan ? 

Berikut ini ada yel-yel yang membuat kita tambah semangat ketika kita melakukan lari pagi. Penulis dapatkan dulu dari pak mulyono yang seorang angkatan di tegal ini lah yel – yel nya seperti berikut ini :

Ayo lari …..lari pagi….
Agar kuat otot kaki, badan lemah, tak mengapa, karna kita sudah biasa
Jauh dekat, sama saja, kita lari slalu gembira
Jangan ragu, jangan bimbang 
kita pasti, sampai tujuan
Adapun menurut H.Rhoma Irama bahwa lari pagi itu sangat baik sekali karena menyegarkan dan menyehatkan sebagimana apa yang ada di lirik lagu bang haji yang berjudul “ lari pagi “ seperti berikut ini :
Hai lari pagi, tua muda semua
Lari pagi, dan sangat di gemari
Lari pagi, Memang baik Sekali
Lari pagi, untuk bina jasmani
Satu, dua kiri kanan
Senam pagi menyegarkan
Hayo lari, lari lagi
Lari pagi, menyehatkan 
Lari pagi memang perlu, tapi jangan lupa shubuh
ah...ah...ah... sembahyang dulu
Jangan demi kesehatan, lalu tuhan kau lupakan
ah..ah..ah keterlaluan
Gunalah kesehatanmu demi duniamu
Utamakanlah Shalatmu untuk akhiratmu
Hai lari pagi, jalan menjadi ramai
Lari pagi sedangkan masjid sepi
lari pagi, kalau cara begini
Lari pagi, sungguh sangat merugi
Dengar dulu Adzan shubuh
shalat dulu baru lari
hayo lari lari lagi
Lari pagi bina tubuh

Manfaat Lari Pagi
Menurut laman www.indonews.co.id bahwa manfaat lari pagi adalah :

1. Membakar Lemak Pada Tubuh
Lari pagi dapat berfungsi untuk membakar lemak, dan menjaga agar tubuh tetap ideal. Karena lari pagi dapat membakar kalori dan dapat membantu mempercepat metabolisme tubuh. Di sarankan bagi anda yang ingin kurus untuk melakukan lari pagi secara teratur karena hal ini akan berfungsi lebih efektif.

2. Mencegah Penyakit Rematik
Dengan melakukan lari pagi kaki tubuh kita akan aktif bergerak yang berfungsi untuk mencegah penyakit rematik yang di sebabkan oleh kurangnya aktivitas otot pada tubuh.

3. Meningkatkan Metabolisme Tubuh
Pada saat kita tertidur nyenyak proses metabolisme pada tubuh akan berlangsung lebih lambat. Untuk memulai proses metabolisme dapat di lakukan dengan lari pagi karena hal tersebut dapat meningkatkan tingkat metabolisme pada tubuh.

4. Menjaga Kesehatan Jantung
Jantung manusia akan berfungsi optimal jika sering di latih secara teratur. Jika jarang berolahraga jantung pada manusia akan lebih cepat lelah jika di bandingkan dengan jantung milik orang yang selalu berolahraga. Selain itu lari pagi juga dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh Anda sehingga dapat membantu anda terhindar dari penyakit serangan jantung.

5. Menghindari Disfungsi Seksual
Menurut penelitian kebanyakan pria yang minimal melakukan lari 5 jam selama seminggu dapat terhindar dari masalah disfunsi seksual

6. Meredakan Stress
Dengan berlari kita akan bergerak, dan berada di tempat yang berbeda pada setiap detiknya. Hal tersebut dapat membuat kita menjadi tidak bosan dengan apa yang kita lihat.

7. Meningkatkan Konsentrasi
Selain beberapa manfaat di atas ternyata lari pagi juga berfungsi untuk meningkatkan konsentrasi. Karena pada saat berlari secara tidak langsung kita akan berlatih untuk meningkatkan konsentrasi dengan cara fokus pada arah jalan yang ingin kita tuju.

8. Lari Pagi Membuat Bernafas Lebih Lega
Penelitian yang dilakukan kepada pengidap asma yang diminta untuk melakukan olahraga lari dan olahraga kekuatan dalam seminggu secara bergantian, setelah 3 bulan, berhasil mengurangi serangan asmanya. Para responden mengaku bernapas lebih lega dan imun tubuh lebih kuat.

9. Lari Pagi Dapat Menguatkan Tulang
Masa tulang para pelari ternyata lebih baik dari atlet aerobik lainnya, demikian diungkapkan oleh University of Missouri. Para peneliti membandingkan kepadatan tulang para pelari dengan pesepeda. Ada sebanyak 63 persen pesepeda yang memiliki masa tulang yang jelek, sedangkan pelari hanya 19 persen.

10. Lari Pagi Dapat Membuat Tidur Lebih Lelap
Para insomnia yang diminta untuk berlari, ternyata berhasil mempercepat waktu tidurnya hingga 17 menit dibanding saat mereka tidak berlari. Plus mereka tidur lebih lelap, bahkan sehari setelah berlari.


Tips Lari Pagi yang Baik
Menurut laman dbagus.com ada beberapa tips agar lari pagi yang kita lakukan mempunyai efek bagus dalam artian apa – apa yang kita lakukan dalam lari pagi itu dapat merasakan manfaatnya. 

Adapun tips yang di maksud adalah sebagai berikut :

1.Pakailah sepatu lari :
Mungkin ini adalah hal yang sepele, akan tetapi ini juga sering disepelekan. Karena jika kita berlari tidak menggunakan sepatu lari, makan bisa – bisa kaki anda menjadi terasa berat dan bisa berakibat cidera. Kenapa menggunakan sepatu lari ? karena memang sepatu lari khusus dibuat untuk berlari. Jadi saat anda bergerak / berlari maka kemungkinan untuk cidera bisa berkurang karena menggunakan sepatu lari.

2.Memilih outfit : 
Hal yang satu ini juga jangan lupa untuk anda pertimbangkan. Karena outfit yang akan anda gunakan untuk jogging tentunya harus nyaman serta dapat menyerap keringat. Dan jangan menggunakan pakaian yang bisa membuat anda kepanasan sehingga bisa menurunkan semangat berlatih anda.

3.Menapakkan kaki :
Posisi berlari saat berlari juga perlu diperhatikan. Yaitu agar saat berlari kita tidak mudah lelah. Yaitu dengan cara setengah berjinjit. Jadi seluruh telapak kaki tidak sepenuhnya menyentuh tanah, hanya ujung kaki saja. Cara ini sangat efektif untuk membuat anda tidak cepat lelah.

4.Pengaturan nafas :
Pengaturan nafas juga sangat penting, agar tidak cepat lelah. Semisal anda membuat hitungan 1 – 8, pada hitungan ke 1 – 3 anda menarik nafas, lalu hembuskan ke detik ke 4. Dan pada detik ke 5 – 7 menarik nafas kembali dan menghembuskannya ke detik ke 8 dan ulang terus. Dan sebaiknya anda menarik nafas dan menghembuskannya melalui hidung.

5.Waktu : 
Jika anda berlari pagi, jangan hanya berlari sekitar 10 – 15 menit saja. Sedangkan waktu yang efektif untuk melakukan pembakaran yaitu sekitar 45, dengan cara berlari konstan.

6.Melakukan rileksasi pada kaki :
Setelah melakukan jogging, janganlah langsung duduk ataupun bersila. Akan tatapi tetaplah berjalan ringan setidaknya sampan 5 – 10 menit, dan minumlah setidaknya dua gelas air putih. Lalu anda bisa mandi dengan air hangat agar otot – otot anda rileks.

Demikianlah begitu mudah dan murahnya olahraga lari pagi yang sungguh banyak manfaat yang kita dapatkan untuk kesehatan badan kita. Mari Lari Pagi Agar Badan Kita Sehat !!!



Ust.Hadi Mulyanto, S.Pd.I.,M.Pd.I adalah Putra Daerah Kabupaten Brebes.

KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Lari Pagi, Mudah, Murah Meriah, Menyehatkan Badan Rating: 5 Reviewed By: asri yatno