Latest News
Tuesday, August 25, 2015

Inilah Bahaya Handphone Bagi Kesehatan Anda


SeputarPemalang.Com - Handphone kini sudahlah tidak asing di kalangan kita. Karena handphone sekarang menjadi barang yang murah meriah.Lain halnya pada waktu awal tahun 2000, handphone masih dianggap barang mewah dan harganya pun mahal. Handphone nama lain nya adalah telpon genggam atau ponsel. 

Melihat perkembangan handphone di wilayah kita Brebes, begitu marak dan sudah banyak sekali. Mulai dari anak-anak SD hingga orang dewasa sudah memiliki handphone. Hampir setiap rumah ada 5 sampai 10 handphone. Karena setiap orang sekarang sudah umum memiliki handphone lebih dari satu. 

Handphone adalah alat komunikasi, dimana handphone  ini ternyata memiliki radiasi tertinggi, namun tak ada satu pun yang bisa meninggalkannya. Makin tahun makin canggih yang keluar, yang terakhir adalah jenis smartphone. 

Diciptakannya alat tersebut tentunya bertujuan untuk mempermudah anda dalam berkomunikasi, dokumentasi, hiburan, game dan mempermudah pekerjaan anda.

Alasan itulah yang membuat industri handphone pintar semakin laris manis di pasaran bahkan kebutuhan itu cenderung meningkat, hingga saat ini hampir setiap orang mempunyai handphone, bukan hanya satu tapi bisa mempunyai 2-3 handphone. 

Penulis sengaja menulis judul “Inilah Bahaya Handphone Bagi Kesehatan Anda“, dikandung maksud bahwa setiap handphone pasti ada radiasinya. Di radiasi ini lah sesungguhnya yang di maksud penulis berbahaya. Karena sudah ada begitu banyak penelitian tentang begitu bahayanya radiasi yang ditimbulkan oleh Handphone.




Ada 4 efek terkenal akibat radiasi handphone ini menurut laman http://wawanepu.blogspot.com yaitu sebagai berikut :

1.Mengurangi produksi sperma.
Bagi anda kaum pria sebaiknya anda mengetahui bahwa radiasi hp bisa mengurangi produksi sperma anda. Banyak penelitian ilmiah yang menyatakan bahwa produksi pemakaian hp bisa mempengaruhi produksi sperma menjadi berkurang dan juga mengurangi kualitas sperma itu sendiri. 

Sperma menjadi tidak subur sehingga mengurangi prosentase melahirkan keturunan. Beberapa studi menunjukkan bahwa pria yang terbiasa menaruh hp di saku celana dan ikat pinggang cenderung memiliki sperma yang lebih sedikit dan kurang berkualitas. 

2.Bagi ibu hamil dan anak-anak
Bagi para wanita yang sedang mengandung lebih baik hindari pemakaian hp secara berlebihan atau rutin. Hal ini karena radiasi yang diakibatkan oleh hp akan mengganggu pembentukan janin dalam kandungan. 

Beberapa penelitian ilmiah mendapatkan hasil bahwa radiasi hp dapat menggangu perkembangan otak janin dan menimbulkan perilaku hiperaktif ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder). 

Perilaku hiperaktif adalah gangguan perkembangan dalam peningkatan aktivitas motorik anak-anak hingga menyebabkan aktivitas yang tidak lazim dan cenderung berlebihan. Otak pada janin juga menyebabkan kemampuan otak menjadi lemah khususnya daya ingat. 

Wanita yang menggunakan HP ketika hamil memiliki kecenderungan melahirkan anak-anak dengan masalah tingkah laku berdasarkan studi terhadap lebih dari 13.000 anak-anak, meskipun hanya 2 atau 3 kali dalam sehari cukup untuk menimbulkan resiko bayi mereka terkena penyakit hiperaktif dan bisa mengalami kesulitan dalam pemahaman/proses belajar, emosi dan sosialisasi anak pada saat sekolah.

Anak-anak dan bayi karena jaringan tubuh dan otak mereka yang masih muda masih sangat sensitif terhadap radiasi HP . Terlebih lagi bayi, tentu  jauh lebih sensitif  bahkan tidak bisa menahannya. Sudah ada peringatan oleh karena adanya efek samping dari radiasi frekwensi radio anak-anak di bawah umur delapan tahun seharusnya menggunakan telepon selular hanya dalam keadaan darurat dan para remaja perlu membatasi panggilan untuk kurang dari 10 menit.

3.Mengganggu ingatan manusia.
Pernahkah anda menelepon dalam waktu yang lama dan hp anda menjadi hangat / panas? Nah, di situlah radiasi yang paling banyak dari hp. Saat anda menelpon cukup lama, maka hp akan mencari sinyal secara terus-menerus dan menyebabkan radiasi. Bagi anda yang terbiasa telpon dengan menempelkan pada telinga, maka di situlah potensi daya ingat anda akan berkurang. Usahakan anda menelpon dengan menggunakan handset atau loudspeaker agar hp tidak begitu dekat dengan anggota tubuh. Selain itu, penggunaan hp bagi anak-anak dapat merusak sel otaknya karena otak anak masih dalam tahap perkembangan. 

4.Menyebabkan kanker otak.
Penggunaan handphone dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan kanker otak, khususnya yang sering menelpon dan ditempelkan di telinga / wilayah kepala.

Radiasi handphone dikategorikan sama dengan zat karsinogenik berbahaya seperti timbal, asap knalpot, dan kloroform. Para pakar melakukan penelitian dan menemukan bahwa ada peningkatan glioma dan peningkatan resiko kanker otak akustik neuroma bagi pengguna handphone. 

Otak manusia dapat dengan mudah ter-radiasi apabila anda menggunakan handphone dalam jangka waktu yang lama dan terus-menerus. Untuk itu pakailah handphone seperlunya saja untuk menghindari hal-hal buruk tersebut.




Menurut laman http://bidanku.com bahwa ada  lima bahaya dari radiasi handphone yang dapat mengganggu kesehatan anda :

1.  Mengganggu Kehamilan Anda.
Dalam studi yang di kutip dari dailymail.co.uk paparan radiasi selama kehamilan akan mempengaruhi perkembangan otak janin sehingga menyebabkan hiperaktif. Penelitian ini dilakukan oleh Yale School of Medicine.

Radiasi yang dihasilkan dari handphone pada waktu yang lama akan memberikan efek buruk apalagi jika anda terbiasa meletakan handphone di dekat rahim anda.

Studi yang dilakuakn wanita yang meletakan handphone di area tubuh fatal, termasuk rahim sebagai alat reproduksi wanita sehingga akan mengganggu kerusakan sel sehingga menyebabkan keguguran pada usia janin 2 atau 3 bulan.

2.  Memicu Kanker Payudara.
Kebiasaan anda untuk meletakan handphone di dalam saku baju ternyata memicu adanya paparan radiasi sehingga mengembangkan sel sel kanker, termasuk sel kanker payudara. Hal ini dipicu karena adanya radiasi microwave yang akan memasuki jaringan-jaringan lemak pada payudara anda. Sebaiknya anda meletakan handphone di dalam tas atau dompet sehingga menjauhkan pengaruh negatif dari radiasi terhadap kesehatan payudara anda.

3.  Menjadi Sering Lupa.
Ketika anda sering menggunakan handphone sehingga menelepon dalam waktu berjam-jam sebaiknya anda pikirkan lagi, karena penelitian menemukan adanya radiasi yang dipacarkan oleh handphone akan mengganggu daya ingat anda. 

Ketika anda menggunakan handphone langsung tanpa bantuan headseat maka telinga anda akan terpapar langsung dengan radiasi. Ketika anda memang diharuskan untuk menggunakan handphone dalam waktu lama, disarankan menggunakan headseat atau loadspeaker.

4.  Memicu Kanker Otak.
Anda sering menggunakan handphone sehingga suhu dari handphone anda berubah, itulah saat terburuk dari handphone anda. Radiasi handphone dikategorikan zat karsinogenik yang dapat memicu kanker otak. Penelitian menemukan adanya peningkatan glioma dan resiko terhadap kanker otak akustik neuroma bagi anda yang menggunakan menggunakan handphone dalam waktu yang lama.

5.  Melahirkan anak Hiperaktif. 
Sebenarnya tidak ada larangan untuk anda menggunakan handphone ketika kehamilan sedang berlangsung , akan tetapi untuk anda yang sedang hamil dan sangat sering menggunakan handphone hingga menghabiskan waktu seharian, akan menimbulkan resiko anak dengan masalah tingkah laku. 

Apabila bayi anda sudah mengalami hiperaktif maka dikhawatirkan akan mengganggu proses pemahaman dan emosi di sekolahnya. Penelitian lain menunjukan adanya kemungkinan memicu kanker akubat terstimulasi dengan penggunaan handphone pada anak-anak, terlebih jika anak anda sudah mulai memainkan handphone dan menerima pengaruh buruk dari radiasinya.

Sebaiknya untuk anda membatasi penggunaan handphone bagi anak-anak sehingga tidak menggangu jaringan otak yang masih rentan dalam masa perkembangan.

Meskipun sampai saat ini masih dilakukan penelitian yang lebih lanjut terhadap pengaruh radiasi (handphone) terhadap kesehatan. Tidak ada salahnya anda bijaksana dalam menggunakan handphone, jauhkan handphone anda di bagian tubuh yang fatal ,jantung, alat reproduksi, payudara, ginjal dll. Hingga mampu meminalisir kemungkikan terburuk dari handphone.

Adapun menurut laman http://www.constiti.com bahwa bahaya radiasi handphone bagi kesehatan : 

1. Mengurangi produksi sperma.
Bagi anda kaum pria sebaiknya anda mengetahui bahwa radiasi hp bisa mengurangi produksi sperma anda. Kesimpulan ini diambil setelah diadakan beberapa penelitian ilmiah yang menyatakan bahwa produksi pemakaian hp bisa mempengaruhi produksi sperma menjadi berkurang dan juga mengurangi kualitas sperma itu sendiri. 

Sperma menjadi tidak begitu subur sehingga mengurangi prosentase melahirkan keturunan. Beberapa studi menunjukkan bahwa pria yang terbiasa menaruh hp di saku celana dan ikat pinggang cenderung memiliki sperma yang lebih sedikit dan kurang berkualitas. 

Inilah yang harus anda perhatikan, jadi gunakanlah hp seperlunya saja dan usahakan tidak menaruhnya menempel dengan anggota tubuh. Anda bisa menaruhnya di dashboard mobil atau di tas.

2. Bagi ibu hamil.
Bagi anda para wanita yang sedang mengandung / ibu hamil, lebih baik hindari pemakaian hp secara berlebihan atau rutin. Hal ini disebabkan karena radiasi yang diakibatkan oleh hp akan mengganggu janin dalam kandungan. Beberapa penelitian ilmiah mendapatkan hasil bahwa radiasi hp dapat menggangu perkembangan otak janin dan menimbulkan perilaku hiperaktif ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder). 

Perilaku hiperaktif adalah gangguan perkembangan dalam peningkatan aktivitas motorik anak-anak hingga menyebabkan aktivitas yang tidak lazim dan cenderung berlebihan. Otak pada janin juga menyebabkan kemampuan otak menjadi lemah khususnya daya ingat. 

3. Mengganggu ingatan manusia.
Pernahkah anda menelepon dalam waktu yang lama dan hp anda menjadi hangat / panas? Nah, di situlah radiasi yang paling banyak dari hp. Saat anda menelpon cukup lama, maka hp akan mencari sinyal secara terus-menerus dan menyebabkan radiasi. Bagi anda yang terbiasa telpon dengan menempelkan pada telinga, maka di situlah potensi daya ingat anda akan berkurang.

Usahakan anda menelpon dengan menggunakan handset atau loudspeaker agar hp tidak begitu dekat dengan anggota tubuh. Selain itu, penggunaan hp bagi anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan dapat mengurangi daya ingatnya, karena otak anak masih dalam tahap perkembangan. 

4. Menyebabkan kanker otak.
Penggunaan handphone dalam jangka waktu yang lama dan terus-menerus dapat pula menyebabkan timbulnya kanker otak, khususnya yang sering menelpon dan ditempelkan di telinga / wilayah kepala. Radiasi handphone dikategorikan sama dengan zat karsinogenik berbahaya seperti timbal, asap knalpot, dan kloroform. 

Para pakar melakukan penelitian dan menemukan bahwa ada peningkatan glioma dan peningkatan resiko kanker otak akustik neuroma bagi pengguna handphone. Otak manusia dapat dengan mudah teradiasi apabila anda menggunakan handphone dalam jangka waktu yang lama dan terus-menerus. Untuk itu pakailah handphone seperlunya saja untuk menghindari hal-hal buruk tersebut.

Sedangkan menurut laman http://tipskesehatanok.blogspot.com bahwa ada beberapa bahaya handphone bagi kesehatan yang berhasil diungkap oleh para peneliti di India adalah :

1.Mereka yang saat ini tengah menderita sakit jantung perlu menghindari penggunaan handphone untuk sementara waktu. Hal ini disebabkan efek radiasi yang ditimbulkan oleh handphone dan radio bisa mengakibatkan tidak bekerjanya alat pacu jantung dan live saving gadget lainnya. Alhasil resiko kematian mendadak pun akan semakin tinggi.

2.Jumlah sperma yang ada pada pria bisa menurun hingga 30 persen akibat penggunaan handphone yang berlebihan. Hal ini dipicu oleh radiasi handphone yang menurunkan kualitas kesuburan pada pria.

3.Memberikan handphone pada anak-anak sebagai sarana komunikasi sepertinya perlu ditunda dulu oleh orang tua. Resiko remaja dan anak-anak terkena kanker otak naik hingga 400 persen.

4.Timbulnya kanker bisa juga dikarenakan radiasi yang dipancarkan oleh handphone dan frekuensi radio. Kondisi ini memicu terjadinya perubahan pada DNA manusia sehingga sel-sel dalam tubuh menjadi abnormal.

5.Bila anda pikir bahaya handphone bagi kesehatan hanya berkutat pada manusia, anda salah total. Makhluk hidup yang tinggal di sekitar menara BTS seperti lebah dan burung juga terkena imbasnya. Hewan tersebut seringkali mengalami stres karena kehilangan arah untuk menemukan sarangnya.

6.Menggunakan handphone untuk menelepon dalam waktu yang cukup lama sepertinya perlu dikurangi bila anda tidak ingin stres. Penelitian membuktikan bahwa mereka yang bertelepon cukup lama memiliki kadar hormon kortisol yang cukup tinggi.

7.Menggunakan handphone untuk menelepon selama 30 menit dalam jangka waktu 10 tahun bisa membuat anda mengalami kanker otak. Tidak hanya itu saja, resiko anda terkena acoustic neuroma juga semakin tinggi.

8.Mereka yang tinggal di dekat menara BTS perlu waspada dengan beragam dampak buruk yang ditimbulkan oleh radiasi kulit. Sistem kekebalan tubuh bisa menurun. Akibatnya anda lebih rentan mengalami gatal-gatal dan ruam.

9.Menyetel radio dengan frekuensi yang tinggi serta memakai handphone secara berlebihan bisa menaikkan suhu pada lapisan mata dan kerusakan kornea pun tak dapat dihindari.

10.Hilang pendengaran atau tuli bisa dialami bila anda menggunakan handphone lebih dari setengah jam setiap harinya selama rentang waktu empat tahun. Tidak hanya itu, anda juga rentan terhadap telinga berdenging atau tinnitus.

11.Kesehatan tulang dan persendian juga dipengaruhi oleh kebiasaan anda menelepon. Radiasi dari handphone ini mengakibatkan tubuh menghasilkan sedikit melatonin. Akibatnya anda bisa terserang rematik.

12.Hindari menaruh telepon di dekat tempat tidur bila tak ingin menggalami kerusakan pada syaraf. Selain menganggu tidur anda yang nyenyak, bahaya handphone bagi kesehatan ini juga menyangkut daya ingat anda.

Tips untuk mengurangi dari bahaya radiasi handphone menurut laman http://www.tipscaraterbaik.com adalah :
1.Jangan memakai HP ketika hamil dan jangan ijinkan anak Anda memakainya.

2.Batasi lama penggunaan HP Anda atau penggunaan telepon tanpa kabel lainnya.

3.Gunakan headset dengan kabel untuk mengurangi efek radiasi HP karena menjauhkan.

4.HP dari kepala Anda. Hindarilah penggunaan bluetooth.

5.Kurangi diri Anda terkena paparan langsung dari area transmisi WiFi (Hotspot Area).

6.Cari tahu dimana lokasi WiFi dan usahakan untuk menjauh darinya.

7.Jika Anda memiliki telepon kabel, jangan memakai yang melebihi 900 MHz, karena telepon kabel Gigaherts akan terus menerus memancarkan gelombang radio tinggi 24/7.

8.Gunakan speakerphone daripada langsung mendekatkan HP ke telinga Anda. Ini membantu untuk menjauhkan efek radiasi langsung antara otak dengan HP.

9.Batasi penggunaan HP di dalam gedung karena HP akan memancarkan lebih banyak gelombang di dalam gedung dibandingkan di luar.

10.Pakai HP pada saat penerimaan signal baik. Ketika transmisi jelek,HP Anda akan bekerja lebih keras untuk menangkap transmisi dengan jelas.

11.Berhati-hatilah dalam meletakkan HP Anda, karena radiasi berefek didekat ia memancar.

Demikianlah banyaknya bahaya handphone bagi kesehatan tubuh kita. Maka dari itu hati-hatilah terhadap handphone. Gunakanlah handphone dikala perlu saja. Jangan sampai handphone kita bawa tidur.BERBAHAYA !!!




Penulis : Ust.Hadi Mulyanto, S.Pd.I.,M.Pd.I adalah Dosen Tetap salah satu PTS di Kota Tegal.

KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Inilah Bahaya Handphone Bagi Kesehatan Anda Rating: 5 Reviewed By: asri yatno