Latest News
Sunday, August 2, 2015

Imigrasi Pemalang 6 bulan Sudah Terbitkan 16.800 Paspor


SeputarPemalang.Com - Kantor Imigrasi Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, selama Januari hingga Juni 2015 telah menerbitkan sekitar 16.800 paspor, kata Kepala Seksi Informasi dan Sarana Komunikasi Kantor Imigrasi Pemalang, Haryono Susilo.

“Belasan ribu paspor tersebut untuk perjalanan umrah, liburan, dan tenaga kerja ke luar negeri,” katanya di Pemalang, kemarin.

Ia mengatakan penyelesaian penerbitan paspor bisa dilakukan selama empat hari kerja setelah melakukan pembayaran.

Kendati demikian, kata dia, jika berdasarkan pada surat edaran Dirjen Imigrasi, penyelesaian paspor bisa diselesaikan dalam jangka tempo tiga hari kerja setelah pembayaran. “Pengurusan pembuatan paspor selama tiga hari tidak berlaku untuk pengajuan paspor hilang ataupun rusak karena harus melalui proses berita acara pemeriksaan,” katanya.

Ia mengatakan saat ini imigrasi mulai melakukan sosialiasi terhadap aplikasi pelaporan orang asing terutama pengurus tempat penginapan dan masyarakat agar melaporkan keberadaan mereka yang menginap.

“Sesuai amanat pasal 72 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian, yang mewajibkan pelaporan keberadaan orang asing di tempatnya,” katanya.

Ia mengatakan aplikasi tersebut bisa diakses melalui internet secara “online” mulai 22 Juni 2015. “Untuk melaporkan orang asing yang menginap atau tinggal di hotel maka pengelola tempat penginapannya harus memberitahukan paling lambat 1×24 jam sejak mereka mulai menginap,” katanya.[fajar.co.id]


KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Imigrasi Pemalang 6 bulan Sudah Terbitkan 16.800 Paspor Rating: 5 Reviewed By: Dhani Habib AlHuda