Latest News
Tuesday, August 25, 2015

Gara-gara Tidak Melaporkan SPPT, Paslon Bupati Pemalang Gugur


SeputarPemalang.Com -  Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekalongan dijaga ketat anggota kepolisian, Polres Pemalang. ‎Hal itu menyusul dibatalkannya pasangan calon Mukti Agung Wibowo-Afifudin yang diusung Partai Hanura, PKS dan PAN.

Agung merupakan incumbent yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Bupati Pemalang. Mobil dalmas dan pemadam kebakaran, berjaga di seberang kantor KPU Kabupaten Pemalang. ‎Ketua KPU Kabupaten Pemalang, Abdul Hakim, menjelaskan, tidak ditetapkannya pasangan tersebut karena Afifudin tidak melaporkan surat pemberitahuan pajak terhutang (SPPT) 2014.

"Kami sudah memberitahukan kepada setiap pasangan calon yang berkasnya masih kurang hingga paling lambat 7 Agustus 2015. Tapi hingga batas waktu yang diberikan tidak dilengkapi," ujar dia. Pasangan calon yang bersangkutan, kata dia, hanya beralasan pelaporan pajak belum saatnya.

Sebab, NPWP‎ bernama 71.550.910.5-005.000‎ atas nama Afifudin sebagai wajib pajak tertanggal 25 November 2014 di Kantor Pajak Pratama Jakarta Timur. 

"Namun set‎elah kami verifikasi, surat yang dikeluarkan kantor pajak Jakarta Timur seharusnya SPPT sudah bisa dilaporkan tiga bulan setelah akhir tahun (Januari-Maret 2015-red)," kata dia.

Surat yang disampaikan dari kantor pajak tersebut, kata dia, menjadi dasar calon yang bersangkutan tidak melaporkan pajaknya pada 2014. Sehingga hanya ada dua pasangan calon yang lolos, yakni‎ Muhammad Arifin-Romi Indiarto yang diusung Gerindra dan PKB. Kemudian pasangan calon Djunaedi-Martono yang diusung Partai Golkar, PDI Perjuangan dan PPP.‎

Komisioner KPU Jawa Tengah Divisi Sosialisasi, Wahyu Setiawan, menyampaikan, pihaknya melakukan supervisi di KPU Kabupaten Pemalang terkait penetapan calon. 

"Ada empat daerah, yang pencalonannya dibatalkan, yakni Klaten, Boyolali, Kota Pekalongan dan Pemalang," kata dia.

Dia menjelaskan, satu pasangan yang dibatalkan yakni Agung Wibawa dan Afifudin karena tidak melengkapi berkas SPPT 2014. "‎Kami sudah menggelar rapat pleno tertutup sejak pukul 14.00 hingga 16.00, lalu kami umumkan," kata dia.

‎Kemudian pasangan calon yang tidak puas tersebut, mendatangi KPU Pemalang sekitar pukul 16.30. Pasangan calon yang ditemani ratusan pendukung itu, berorasi terkait penolakannya terhadap protes ‎pembatalan pencalonannya tersebut.[tribunnews]


KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Gara-gara Tidak Melaporkan SPPT, Paslon Bupati Pemalang Gugur Rating: 5 Reviewed By: asri yatno